Tinjauan Etis-Pedagogis Terhadap Peran Guru Dalam Mendidik Anak Sekolah Minggu Di GKJ Salatiga Utara

Cindy Uzia Kristania, Irene Ludji, Nimali Fidelis Buke

Abstract


Abstract: This research aims to describe and analyze the role of teachers in educating Sunday school children at GKJ North Salatiga from an ethical-pedagogical perspective. This research uses a qualitative approach. Qualitative data was collected through semi-structured interviews and participant observation. The theory used in the analysis is based on ethical studies from Reinhold Niebuhr and pedagogical studies from Thomas Groome. The research results show that education for children is essential, and the church needs to participate in it. The efforts made by GKJ North Salatiga in educating Sunday school children include instilling Christian values or giving the example of Jesus. Jesus' example is also an example of ethical behavior offered by Niebuhr. The ethical values contained in the research are respecting others, giving appreciation, love, forgiveness, helping, sharing, caring, fairness, justice, and humility. In pedagogical studies, it was found that teachers not only taught the example of Jesus through theory, but it was also reflected in the lives of Sunday school teachers. Teachers also use various creative teaching methods and media in the learning process. Creative teaching supports children to understand God's word better. Teachers at GKJ North Salatiga also manage the Sunday school well and in a structured manner.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam mendidik anak sekolah Minggu di GKJ Salatiga Utara ditinjau dari perspektif etis-pedagogis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi partisipatif. Teori yang digunakan dalam analisis adalah kajian etis dari Reinhold Niebuhr dan pedagogis dari Thomas Groome. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan untuk anak-anak adalah hal yang penting, dan gereja perlu untuk ambil bagian di dalamnya. Upaya yang dilakukan GKJ Salatiga Utara dalam mendidik anak-anak sekolah Minggu, adalah dengan menanamkan nilai-nilai kristiani atau keteladanan Yesus. Keteladanan Yesus juga merupakan contoh perilaku etis yang ditawarkan oleh Niebuhr. Adapun nilai-nilai etis yang ditemukan dalam penelitian, yaitu, menghargai sesama, memberikan apresiasi, kasih, pengampunan, menolong, berbagi, peduli, adil, kesetaraan dan rendah hati. Dalam kajian pedagogis, ditemukan bahwa guru tidak hanya mengajarkan keteladanan Yesus melalui teori, tetapi juga dicerminkan dalam kehidupan guru sekolah Minggu. Dalam proses pembelajaran, guru juga menggunakan berbagai metode dan media mengajar yang kreatif. Pengajar yang kreatif mendukung anak-anak untuk lebih memahami firman Tuhan. Guru di GKJ Salatiga Utara juga mengelola sekolah Minggu dengan baik dan terstruktur.


References


Anthony, Michael J, Introducing Christian Education (Malang: Gandum Mas, 2017)

Bawole, Susan, ‘Tanggung Jawab Guru Sekolah Minggu Kehidupan Spiritual Anak’, Tumou Tou, VII.2 (2020)

Danim, Sudarman, Pedagogi, Andragogi, Dan Heutagogi (Bandung: Alfabeta, 2010)

Febriana, Rina, Kompetensi Guru (Jakarta: Bumi Aksara, 2019)

Groome, Thomas, Christian Religious Education: Sharing Our Story and Vision (Sans Francisco: Harper & Row, 1980)

Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik (Jakarta: Bumi Aksara, 2016)

Hadi, Abd, Asrori, and Rusman, Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenology Case Study, Grounded Theory Etnografi, Biografi (Puwokerto: Pena Persada, 2021)

Harefa, Oinike Natalia, ‘Ketika Keadilan Bertemu Dengan Kasih: Sebuah Studi Perbandingan AntaraTeori Keadilan Menurut John Rawls Dan Reinhold Niebuhr’, SUNDERMANN, 13.1 (2020), 39–47

Mallisa, Ricky, ‘Peran Kepemimpinan Guru Sekolah Minggu Bagi Pertumbuhan Spiritualitas Generasi Z Pada Era Disrupsi’, Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Jemaat, 1.2 (2020)

Niebuhr, Reinhold, An Interpretation Of Christian Ethics (San Francisco: Harper & Row, 1935)

Simatupang, Hasadungan, ‘Tugas Dan Tanggung Jawab Guru Sekolah Minggu Terhadap Masa Depan Gereja’, Jurnal Christian Humaniora, 4.2 (2020)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung: Alfabeta, 2017)

Suryawan, Agung Jaya, ‘Penanaman Nilai Moral Dan Etika Pada Anak Usia Dini Melalui Konsep Sorga Neraka’, Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.1 (2020)




DOI: https://doi.org/10.47596/sg.v5i1.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.