TANTANGAN PELAYANAN PENGGEMBALAAN HAMBA TUHAN DALAM ZAMAN NOW

AGUNG GUNAWAN

Abstract


Abstrak:Dalam zaman now, hamba Tuhan diperhadapkan dengan berbagai macam perubahan yang begitu cepat dan tantangan yang begitu banyak dalam pelayanannya.  
 
Hamba Tuhan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan jemaat yang sangat kompleks. Hamba Tuhan bukan hanya dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan spiritual jemaatnya, namun juga dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang lain dari jemaatnya.  
 
Ada banyak gereja yang memperlakukan hamba Tuhannya seperti karyawan atau pegawai yang dapat diperintah untuk melakukan segala sesuatu yang diminta oleh majikannya. Kadang apa yang diminta tidak sesuai dengan tugas dan tanggungjawab seorang hamba Tuhan.  
 
Hamba Tuhan juga dituntut menjadi orang yang serba bisa dalam pelayanan yang diembannya. Hamba Tuhan dituntut untuk dapat menjalankan semua tugas pelayanan penggembalaan dengan maksimal. Apabila hamba Tuhan gagal dan lalai untuk menjalankan kewajibannya dengan maksimal maka akan menghadapi berbagai macam konsekuensi, mulai diperingatkan hingga diberhentikan dari pelayanannya.  
 
Semua tantangan dan tuntutan dalam pelayanan tidak boleh membuat hamba Tuhan tawar hati dan mengambil keputusan untuk mundur dan meninggalkan pelayanan. Oleh karena itu, hamba Tuhan harus mempersiapkan diri dengan baik dan melengkapi diri dengan segala macam keterampilan dan kemampuannya baik dalam hal berkhotbah, melayani visistasi, melayani orang yang sulit dalam gereja, melayani kaum LGBT, dan melayani kaum muda agar ia akan dapat menjawab kebutuhan jemaat dan mampu bertahan dalam arena dunia pelayanan yang semakin kompetitif dalam zaman now. Hamba Tuhan harus menjalani tugas dan panggilannya dengan setia sampai Tuhan datang.   
 
Kata-kata kunci: Zaman now, hamba Tuhan, tantangan, khotbah, visitasi, orang sulit, pelayanan kaum muda

Full Text:

PDF

References


Cosgrave, Charles H and Edgerton, W. Dow. In Other Words: Incarnation Translation for Preaching. Grand Rapids: Eerdmans, 2007.

Degroat, Chuck. Toughest People to Love: How to Understand, Lead, and Love the Difficul People in Your Life-Including Yourselfs. Grand Rapids: Eerdmans, 2014.

Kenda, Creasy Dean and Hearson, Christy Lang. How Youth Ministry Can Change Theological Education-If We Let It. Grand Rapids: Eerdmans, 2016. Kirkwood, Neville A. Pastoral Care in Hospitals. Harrisburg, PA: Morehouse Publishing, 1995.

Mark, Cannister. Teenagers Matter: Making Student Ministry a Priority for the Church. Grand Rapids: Baker Books, 2013.

Moon, Garry W., and David G. Benner, eds. Spiritual Direction and the Care of Souls: A Guide to Christian Approaches and Practices. Downers Grove: Intervarsity Press, 2004.

Oden, Thomas C. Pastorals Theoology: Essensials of Ministry, SanFransisco: HarperCollin Publishers, 1983.

Stewart, John W. Envisioning the Congregation, Practicing the Gospel: A Guide for Pastor and Lay Leaders. Grand Rapids: Eerdman, 2015.

Sulivan, Winnifred Fallers. A Ministry of Presence: Chaplaincy, Spiritual Care and the Law. Chicago: University of Chicago Press, 2014. VanderWal-Gritter, Wendy. Generous Spaciousness: Responding to Gay Christians in the Church. Grands Rapids: Brazos, 2014.

Van Harn, Roger E. Preacher, Can You Hear Us Listening? Grand Rapids: Eerdmans, 2005.




DOI: https://doi.org/10.47596/solagratia.v6i1.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.