PEREMPUAN DI PERSIMPANGAN JALAN DARI REFORMASI

MARIANI FEBRIANA LERE DAWA

Abstract


Abstrak: Merayakan Reformasi Gereja yang ke-500 tahun pada tahun ini tidaklah menjadi lengkap tanpa mendiskusikan peran perempuan dalam perjuangan Reformasi. Tradisi mencatat banyak hal yang berkaitan dengan laki-laki dalam Gerakan Reformasi, namun sedikit yang membuka tabir tradisi di baliknya mengenai peran perempuan. Karena itu, artikel ini memberikan catatan sejarah yang tersembunyi mengenai peran perempuan dan menunjukkan betapa kontribusi perempuan dalam penyebaran ideide Reformasi tidak dapat diabaikan.
 
Para perempuan dari kalangan bangsawan dan juga para istri pendeta dari gereja Protestan memberikan diri mereka dengan keunikan masing-masing dalam tugas panggilan mereka. Mereka dengan berani dan dengan rela menyerukan suara Reformasi ini, sekalipun kematian menjadi ancaman bagi mereka. Bagi para perempuan tangguh dalam Reformasi ini, tidak ada kata lain selain Kebenaran Injil diberitakan.  
 
Bergerak dari Jerman, menuju Strasbourg, Perancis, Jenewa, dan Inggris, beberapa perempuan yang disebutkan di sini adalah mereka yang sudah menyuarakan suara mereka dalam era dan waktu mereka. Karena itu, bersama dengan mereka pada hari ini, mari kita menyerukan suara kebenaran ini sembari menyadari hakekat dan karunia diri kita masing-masing, agar berita Injil tersebar ke semua penjuru.

Kata-kata Kunci: Reformasi, peran perempuan, hakekat dan karunia, istri, dan pejuang kokoh


Full Text:

PDF

References


Capern, Amanda. The Historical Study of Women: England 1500– 1700.(Basingstoke, UK: Palgrave Macmillan, 2010.

Chappell, Julie A. and Kaley A, Kramer, ed. Women during the English Reformations: Renegotiating Gender and Religious Identity. New York: Palgrave Macmillan, 2014.

Cholakian, Patricia F. and Rouben C. Cholakian. Marguerite de Navarre: Mother of the Renaissance. New York: Colombia University Press, 2006.

DeRusha, Michelle, Katharina and Martin Luther: The Radical Marriage of a Runaway Nun and a Renegade Monk. Grand Rapids: Baker Book Ho, 2017.

Douglass, Jane Dempsey. Women Freedom and Calvin. Philadelphia: Westminster Press, 1985.

King, John N. ed. Foxe‟s Book of Martyrs: Select Narratives. Oxford: University Press, 2009.

Martin, Randall. Ed. Women Writer in Renaissance England: An Annotated Anthology, 2nd Edition. London: Pearson, 2010.

Matheson, Pether. Argula von Grumbach (1492-1554/7): A Woman Before Her Time. Eugene, Or: Cascade Books, 2013.

McKee, Elsie, ed and trans. Church Mother. Chicago: The University Press, 2006.

McKinley, Mary B. Ed. ―Volume Editor‘s Introduction,‖ Marie Dentière: Epistle to Marguerite de Navarre and Preface to a Sermon by John Calvin. Chicago: University Press, 2004.

McKinley, Mary. ―Marguerite de Navarre (Marguerite d‘Angoulême, Margaret of Navarre; 1492–1549),‖ Encyclopedia of Women in the Renaissance: Italy, French and England Encyclopedia of Women in the Renaissance: Itay, French and England. Oxford: ABC CLIO, 2007.

Moore, Rebecca. Women in Christian Tradition. New York: New York University Press, 2015.

Morata, Olympia. The Complere Writings of an Italian Heretic, edited and trans., by Holt N. Parker. Chicago: University of Chicago, 2003.

Parker, Holt. ―Morata Fulvia Olympia (1526/1527–1555),‖ Encyclopedia of Women in the Renaissance: Italy, French and England, Diana Robin, Anne R. Larsen, and Carole Levin, eds. Oxford: ABC CLIO, 2007.

Robin, Diana. ―Renata di Francia (Renée de France, 1510–1574),‖ Encyclopedia of Women in the Renaissance: Italy, French and England. Oxford: ABC CLIO, 2007.

Robinson , C. Jeffrey Sr. ―The Home is an Earthly Kingdom,‖ Trained in the Fear of God. Randy Stinson & Timothy Paul Jones. Ed,. Grand Rapids: Kregel, 2011.

Stjerna, Kirsi Irmeli, Women and the Reformation, Oxford: Blackwell Publishing, 2009.

Thysell, Carol. The Pleasure of Discerment: Marguerite De Navarre as a Theologian. Oxford: University Press, 2000.




DOI: https://doi.org/10.47596/solagratia.v5i2.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.