HAMBA TUHAN DAN KELUARGA

AGUNG GUNAWAN

Abstract


Kehidupan keluarga Hamba Tuhan tidak akan pernah lepas dari sorotan orang-orang Kristen maupun orang non Kristen. Keluarga Hamba Tuhan dituntut untuk dapat menjadi teladan dan berkat bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Namun fakta menunjukkan bahwa banyak keluarga hamba-hamba Tuhan yang gagal menjadi panutan bagi banyak orang. Mulai dari ketidakharmonisan dalam keluarga hingga perceraian banyak dialami oleh keluarga-keluarga hamba Tuhan.
 
Mengapa hal ini bisa terjadi? Bukankah hamba Tuhan sangat mengerti tentang Firman Tuhan, khususnya dalam hal kehidupan berkeluarga? Masalahnya adalah tidak semua hamba Tuhan mengerti tentang hakekat dari sebuah pernikahan. Hakekat pernikahan Kristen adalah prakarsa Allah, proses pemulihan, pendewasaan, pemulihan dan penerimaan bagi pasangan suami istri. Hakekat pernikahan ini sering dilupakan dan diabaikan oleh pasangan hamba Tuhan. Selain daripada itu, hamba Tuhan juga tidak tahu bagaimana mengaplikasikan kasih, yang adalah dasar dari sebuah pernikahan Kristen, dalam praktik hidup sehari-hari. Akibat dari ketidakmengertian dan ketidaktahuan ini, banyak hamba Tuhan gagal mempertahankan pernikahannya, sehingga keluarganya menjadi batu sandungan bagi orang lain. Oleh sebab itu, hamba Tuhan harus belajar mengerti tentang hakekat pernikahan serta mau mengaplikasikan kasih dalam kehidupan keluarganya. Pemahaman tentang hakekat pernikahan Kristen serta kemauan untuk mengaplikasikan kasih di dalam keluarga hamba Tuhan, maka dengan demikian keluarganya akan mampu menjadi saksi, terang dan berkat bagi orang-orang yang ada di sekitarnya.
 
Kata Kunci: Hamba Tuhan, Keluarga, Hakekat Pernikahan, Kasih.

Full Text:

PDF

References


Al Janssen, Your Marriage Masterpiece (Colorado Spring: Focus on the Family, 2001), 17.

Al Janssen, 67.

Gary Chapman, The Five Love Languanges: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate (Chicago: Northfiled Publishing, 1995), 19.

Howard Markman, Fighting for Your Marriage (San Francisco: Jossy-Bass Publisher, 1994), 13.

H. Wayne House., Ed. Divorce and Remarriage (Illinois: InterVarsity Press, 1990), 9.

H. Wayne House., Ed., 16.

Jack O. Balswick, and Judith K Balswick, The Family: A Christian Perspective on the Contemporary Home (Grand Rapids: Baker Book House, 1991), 72.




DOI: https://doi.org/10.47596/solagratia.v3i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.