Pelayanan Konseling Terhadap Remaja Kristen Yang Berniat Bunuh Diri

David Eko Setiawan, Nitani Harita, Ima Dewi Prianti, Nemensri Selan

Abstract


Abstract:

This writing strives for solutions to the problems of adolescents who intend to commit suicide. The authors use literature research by reviewing various writings and previous studies. Suicide is often seen negatively, and it is found among teenagers in many countries. Many things can cause this behaviour, and there are also many negative impacts. The current world offering pleasure cannot be a solution for those who lost their passion for living, including teenagers. Teenagers thinking, which is still relatively narrow, makes many of them unable to accept the situation and the surrounding environment, causing them to do dangerous things, such as ending their lives. The study results show that many Christian youths have the potential to commit suicide, and the church can provide counselling services to Christian youths who are suicidal. This counselling service directs youth Christians to understand themselves in Christ as individuals who are valuable and worthy of life.

 

Abstrak:

Penulisan ini mengupayakan solusi dari permasalahan yang terjadi pada remaja yang berniat untuk bunuh diri. Penulis menggunakan metode literature research dengan meninjau kembali berbagai tulisan dan penelitian-penelitian terdahulu. Bunuh diri merupakan suatu perilaku yang dinilai negatif dan di berbagai negara hal ini menjadi permasalahan yang sering terjadi terkhususnya yang dilakukan di kalangan remaja. Banyak hal yang dapat menjadi sumber dari perilaku ini dan banyak pula dampak negatif yang diakibatkan. Situasi dunia sekarang yang banyak menawarkan kesenangan bagi manusia tidak dapat menjadi solusi bagi mereka yang kehilangan gairah untuk menjalani hidup, termasuk di kalangan remaja. Pemikiran remaja yang masih tergolong sempit membuat banyak dari mereka tidak mampu menerima situasi yang terjadi pada diri mereka sendiri dan lingkungan sekitar mengakibatkan mereka dapat melakukan hal yang berbahaya yaitu dengan mengakhiri hidupnya. Hasil penelitian menunjukkan banyak remaja Kristen berpotensi untuk bunuh diri dan gereja dapat melakukan pelayanan konseling terhadap remaja Kristen yang bernitan bunuh diri. Pelayanan konseling ini mengarahkan remaja Kristen untuk memahami dirinya di dalam Kristus sebagai individu yang berharga dan layak untuk hidup.


References


A.P., Lourensia Brigita, Alifiati Fitrikasari, and Titis Hadiati. “Hubungan Antara Prestasi Remaja SMA Yang Dikonsulkan Ke Bimbingan Dan Konseling Dengan Tingkat Depresi.” Media Medika Muda Vol. 4 (2015).

Anam, Choirul. “Peran Keluarga Dalam Kasus Bunuh Diri Anak Dan Remaja.” Jurnal Humanitas 5, no. 2 (2008): 1–18. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.

Angelina, Rima, Yelinda Sri Silvia, and Herman Titting. “Konseling Pastoral Dengan Teknik Cognitive Restructuring Pada Remaja Yang Melakukan Percobaan Bunuh Diri.” SANCTUM DOMINE: Jurnal Teologi 12, no. 1 (2022): 1–16.

Aulia, Nur, Yulastri, and Sasmita Heppi. “Analisis Hubungan Faktor Risiko Bunuh Diri Dengan Ide Bunuh Diri Pada Remaja.” Jurnal Keperawatan Vol. 11 (2019).

Bala, Marista Elisabeth, Johny Senduk, and Anthonius Boham. “Peran Komunikasi Keluarga Dalam Mencegah Perilaku Merokok Bagi Remaja Di Kelurahan Winangun Kecamatan Malalayang Kota Manado.” e-journal “Acta Diurna” IV (2015).

Budijanto, Bambang. Dinamika Spiritualitas Generasi Muda Kristen Indonesia. Jakarta: PT Gramedia, 2018.

Engel, J. D. Konseling Pastoral Dan Isu-Isu Kontemporer. Cetakan ke. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

———. Pastoral Dan Kebutuhan Dasar Konseling. Cetakan ke. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Febrianti, Dwinara, and Neli Husniawati. “Hubungan Tingkat Depresi Dan Faktor Resiko Ide Bunuh Diri Pada Remaja SMPN.” Jurnal Ilmiah Kesehatan 13, no. 1 (2021): 85–94.

Irawan, and Cemara . Putra. “Gereja Sudah Tidak Menarik Bagi Kaum Muda.” Bilanganresearch.Com.

Jumal, Ahmad. “Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis).” ResearchGate, 2018.

Kartono, Kartini. Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung: Alumni Bandung, 1980.

Laura, A, AD Nugroho, A A Wulandari, A B Wibisono, and DT Budiman. “Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Resiliensi Akademik Remaja.” Psychopreneur Journal 6, no. 1 (2022): 1–9.

Linda, Mandasari, and Tobing Duma L. “Tingkat Depresi Dengan Ide Bunuh Diri Pada Remaja.” Indonesia Jurnal Of Health Development Vol.2 (2020).

Mukarromah, Luluk, and Fathul Lulabin Nuqul. “Dinamika Psikologis Pada Pelaku Percobaan Bunuh Diri.” Jurnal Psikoislamika 11, no. 2 (2014).

Nainggolan, Dapot. “Kajian Teologis Terhadap Tindakan Bunuh Diri.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 20–35.

Pattinama, Yenny Anita. “Bimbingan Pastoral Kepada Kaum Muda Sebagai Upaya Peneguhan Iman Berdasarkan Ibrani 10:35.” Jurnal Scripta Teologi dan Pelayanan Kontekstual Vol.2 (2017).

Sari, Mutmainnah. “Analisis Kejadian Depresi Dan Risiko Bunuh Diri Menggunakan Buddy App Pada Remaja Di Wilayah Kota Makassar.” Skripsi (2018).

Susabda, Yakub B., and Dkk. Pelayanan Konseling Melalui Telepon. Cet-1. Yogyakarta: ANDI, 2007.

Tari, Ezra, and Talizaro Tafonao. “Tinjauan Teologis-Sosiologis Terhadap Pergaulan Bebas Remaja.” Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani Vol.3, No. (2019).

Valentina, Tience Debora, and Avin Fadilla Helmi. “Ketidakberdayaan Dan Perilaku Bunuh Diri: Meta-Analisis.” Buletin Psikologi Vol. 24 (2016).

Wahyudi, Hendro Setyo, and Mita Puspita Sukmasari. “Teknologi Dan Kehidupan Mayarakat.” Jurnal Analisa Sosiologi Vol. 3, No (2019).

Wibisono, Bernardus Khrisma, and Elly Yuliandari Gunatirin. “Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Melukai-Diri Pada Remaja Perempuan.” Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 7, no. 2 (2018): 3675–3690.

Wright, H. Norman. Konseling Krisis: Membantu Orang Dalam Krisis Dan Stress. Cet. ke-2. Malang: Yayasan Penerbit Gandum Ma, n.d.

Wright, Norman. Konseling Krisis: Membantu Orang Dalam Krisis Dan Stres. Cetakan ke. Malang: Yayasan Penerbit Gandum Mas, 1996.




DOI: https://doi.org/10.47596/sg.v3i2.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.