REFORMASI DAN PENDIDIKAN KRISTEN : MENELUSURI WARISAN REFORMASI DALAM PENDIDIKAN KRISTEN

ALFIUS ARENG MUTAK

Abstract


Abstraksi: Tujuan utama dari tulisan ini ialah untuk melihat relasi antara peringatan 500 tahun reformasi dengan pendidikan Kristen. Reformasi yang dilakukan oleh Martin Luther dengan menempelkan sembilan puluh lima dalil di pintu gereja di kota Wittenberg, Jerman sebagai protesnya terhadap teologi dan pengajaran gereja pada 31 Oktober 1715 telah memberikan dampak yang sangat besar dalam pendidikan Kristen.
 
Dampak-dampak itu dapat dilihat dari banyak kontribusi yang diberikan oleh gerakan reformasi bagi dunia pendidikan di seluruh dunia. Hal itu dapat dilihat dari munculnya tokoh-tokoh penting yang berjuang bagi pendidikan baik di Eropa, Amerika, dan Indonesia. Kenyataan ini tentu tidak mengherankan karena sejak semula perjuangan yang dilakukan oleh Martin Luther dan kawan-kawan adalah berjuang selain bagi iman dan teologi, ia juga berjuang dalam bidang pendidikan. Hal yang sama dilakukan oleh John Calvin yang dibuktikan dengan didirikannya Jenewa Academy sebagai tempat belajar.
 
Bukan hanya itu, beberapa pakar pendidikan seperti Yohanes Amos Comenius, Johann H. Pestalozzi, dan Robert Raikes telah memberikan kontribusi yang besar bagi pendidikan di Eropa. Hal yang sama juga terjadi di Amerika tiga tokoh gereja Reformed seperti Louis Berkhof, Cornelius Van Till, dan Nicholas P. Wolterstorff. Karena gereja-gereja garis utama di Indonesia berasal dari Calvinis, maka tidak bisa ditampik bahwa gerakan reformasi telah memberikan kontribusi yang besar bagi pendidikan Kristen di Indonesia.
 
Kata-kata Kunci: Pendidikan Kristen, Reformasi, Calvinisme

Full Text:

PDF

References


Anthony, J. Michael, Foundations of Ministry: An Introduction to Education for A New Generation (Terj) (Malang: Penerbit Gandum Mas, 2012).

Berkhof, Louis; CorneliusVan Til, Dasar Pendidikan Kristen (Surabaya: Penerbit Momentum, 2008).

Boehlke, R. Robert. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: Dari Yohanes Amos Comenius sampai Perkembangan PAK di Indonesia (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003).

Haskini, Ellisabeth, ―Tanggapan Terhadap Makalah Aristarchus Sukarto Dengan Judul Pengaruh Calvinisme Dalam Kehidupan Gereja dan Pendidikan Kristen di Indonesia.‖ dalam Budinam Heryanto, dan Tim. Calvinis Actual (Jakarta: Komisi Pengkajian Teologi Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat, 2010).

Sukarto, Aristarchus, ―Pengaruh Calvinisme dalam Kehidupan Gereja dan Pendidikan di Indonesia‖ dalam Budiman Heriyanto & Tim. Calvinis Actual (Jakarta: Komisi pengkajian Teologi Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat, 2010).

Van den End, Th. Harta Dalam Bejana: Sejarah Gereja Ringkas (Jakarta: Penerbit BPKGunung Mulia, 1979).

Wolterstorff, Nicholas. P. Mendidik untuk Kehidupan: Refleksi Mengenai Pengajaran dan Pembelajaran Kristen (terj. Lana Asali, Surabaya: Penerbit Momentum, 2007).




DOI: https://doi.org/10.47596/solagratia.v5i2.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.