YESUS MEMBASUH KAKI MURID-MURID-NYA

KORNELIUS ARDIANTO SETIAWAN

Abstract


Yesus adalah Guru Agung kita. Dia bukan hanya mengajar kita untuk melayani, tetapi Dia memberi teladan bagi kita untuk memahami bagaimana sesungguhnya kita harus melayani. Salah satu teladan yang Dia berikan adalah saat Dia membasuh kaki murid-murid-Nya.  
 
Pembasuhan adalah hal yang umum dilakukan pada masa itu, khususnya dalam perjamuan atau pesta, di mana tuan rumah umumnya menyediakan budak untuk membasuh kaki para tamu. Yesus saat itu mengundang murid-murid-Nya untuk mengadakan perjamuan akhir, tetapi Dia tidak menyiapkan budak untuk membasuh kaki murid-murid yang saat itu sebagai tamu. Di tengah-tengah perjamuan, Yesus disebutkan bangun dan kemudian membasuh kaki murid-murid-Nya.
 
Yesus melakukan pembasuhan kaki murid-murid-Nya bukan karena Dia hendak menggantikan tugas budak yang seharusnya melakukan pembasuhan tersebut. Tetapi Yesus hendak memakai pembasuhan tersebut sebagai media pengajaran bagi muridmurid-Nya. Ada dua pengajaran penting yang Yesus hendak sampaikan: pertama, melalui karya Kristus di atas salib, Allah telah membasuh atau menyucikan orang-orang yang datang kepada-Nya. Sekalipun demikian ada juga murid Yesus, yaitu Yudas yang tidak kudus dan akhirnya mengkhianati Dia. Kedua, murid-murid adalah pelayan Kristus, yang menyebut Yesus “ Guru dan Tuhan” (Yohanes 13:13). Karena itu haruslah mereka mengikuti teladan-Nya dan rela merendahkan diri serta saling melayani. Murid-murid bahkan harus rela menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Yesus (Matius 16:24; Markus 8:34, Luk 9:23).
 
Kalau Yesus yang adalah Tuhan dan Guru rela merendahkan diri dan melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan seorang budak, maka kita sebagai pelayan-pelayan Tuhan wajib meneladani Dia dan rela untuk saling melayani.  
 
Kata Kunci: Teladan, Hamba, Melayani.

Full Text:

PDF

References


Barton, B. B. (1993). John. Life Application Bible Commentary (275) Wheaton, Ill.: Tyndale House (e-Book).

Beasley-Murray, George R., Word Biblical Commentary, Volume 36: John (Dallas, Texas: Word Books, Publisher, 1998), 222; Craig S. Keener, The Gospel of John vol II (Peabody: Hendrickson 2003), 899; Leon Morris, The Gospel according to John, Grand Rapids: Eerdmans, 1971), 610. Bruce menyebutnya Upper Room Ministry (Gospel of John, Grand Rapids: Eerdmans, 1983), 278),

Believer's Study Bible. 1997, 1995, 1991 Criswell Center for Biblical Studies. (electronic ed.) (Jn 13:1-18). Nashville: Thomas Nelson (e-Books).

Carson, John, 462. C.K. Barrett, The Gospel According to St. John (Philadelphia: The Westminster Press,1978), 440. Beasley-Murray, John, 233.

D.A. Carson, The Gospel According to John (Grand Rapids: Eerdmans, 1991),

F. Wilbur Gingrich, Frederick W Danker, Shorter Lexicon of Greek New Testament (Chicago: The University of Chicago Press, 1983)

Johnson, B. (1999). John : The New Testament commentary, vol. III (205). Oak Harbor, WA: Logos Research Systems, Inc (e-Books).

Köstenberger, A. J. (2004). John. Baker Exegetical Commentary on the New Testament (399). Grand Rapids, Mich.: Baker Academic (e-Books).

Lincoln, A. T. (2005). Black's New Testament commentary: The Gospel according to Saint John. Originally published: A commentary on the Gospel according to St. John. London : Continuum, 2005. (362). Peabody, MA: Hendrickson Publishers (e-Book).

Merill C. Tenney, “John, in The Expositor‟s Bible Commentary, F.E. Gaebelein, ed. (Grand Rapids: Zondervan, 1981)

Raymond E Brown, The Gospel According to John ( New York: The Anchor Bible Doubleday, 1970), 550.

William Hendriksen, Exposition of the Gospel According to John (Grand Rapids: Baker, 1987),




DOI: https://doi.org/10.47596/solagratia.v3i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.