Pendampingan Sosioteologis Mengenai Penggunaan Media Sosial Dan Implementasi Misi Gereja

Otniel Aurelius Nole, Tony Tampake

Abstract


Misi gereja di masa kontemporer ini ialah mendampingi umat dalam menggunakan media sosial demi mencegah problem sosial dalam dunia virtual. Untuk menghindari penyalahgunaan media sosial, gereja berperan penting dalam menerapkan misi yang memuat pendampingan sosioteologis. Tujuan penelitian ini ialah menegaskan pendampingan sosioteologis dalam menggunakan media sosial sebagai implementasi misi gereja. Metode penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan reviu literatur dan peneliti mengumpulkan data melalui wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan misi gereja dengan melakukan pendampingan sosioteologis sangat relevan bagi umat, secara khusus bagi mereka yang memiliki media sosial. Pada prinsipnya, gereja menaruh perhatian yang besar untuk umat agar tetap merealisasikan kasih lewat media sosial.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Faris, Mudjiran Mudjiran, dan Zadrian Ardi. “Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Keluarga Harmonis dengan Kesiapan Menikah.” Jurnal Neo Konseling 2, no. 3 (2020): 1–7. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo.

Atmadja, Nengah Bawa, dan Luh Putu Sri Ariyani. Sosiologi Media: Perspektif Teori Kritis. Rajawali Pers, 2018.

Bush, Peter. “Technology and Worship: Effect and Impact.” In Technology and Theology, diedit oleh William H. U. Anderson. Delaware: Vernon Press, 2021.

Camerling, Yosua Feliciano, Mershy Ch. Lauled, dan Sarah Citra Eunike. “Gereja Bermisi Melalui Media Digital Di Era Revolusi Industri 4.0.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2020): 1–22.

Campbell, Richard, Christopher R. Martin, dan Bettina Fabos. Media & Culture: An Introduction to Mass Communication. 8th ed. Boston: Bedford/St. Martin’s, 2012.

Cole, Neil. Church 3.0: Upgrades for the Future of the Church. San Fransisco: Jossey-Bass, 2010.

Daft, Richard L. Organization: Theory & Design. 13th ed. Boston: Cengage Learning, 2021.

Dahdal, Sohail. “Using the WhatsApp Social Media Application for Active Learning.” Journal of Educational Technology Systems 49, no. 2 (2020): 1–11.

Darmadi. Mendidik Adalah Cinta. Surakarta: Kekata, 2018.

DeYoung, Kevin, dan Gregory D. Gilbert. What Is the Mission of the Church? Making Sense of Social Justice, Shalom, and the Great Commission. Wheaton: Crossway, 2011.

Engel, Jacob Daan. Pendampingan Keindonesiaan: Sebuah Upaya Memanusiakan Manusia dalam Konteks Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2020.

———. “Pendampingan Pastoral Keindonesiaan.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (2020): 47–60.

Engel, Jacob Daan, dan Frederik Hallatu. Logo Pendampingan dan Konseling Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021.

Goheen, Michael W. A Light to the Nations: The Missional Church and the Biblical Story. Grand Rapids: Baker Academic, 2011.

———. Introducing Christian Mission Today: Scripture, History and Issues. Downers Grove: InterVarsity Press, 2014.

Hadian, Vini Agustiani, Dewinta Arum Maulida, dan Aiman Faiz. “Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Education and Development 10, no. 1 (2022): 240–246. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3365/2189.

Indah, Kartika Sari, Zikra, dan Yusri. “Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa.” KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling 2, no. 1 (2013): 191–196.

Kumar, Bipul, dan Arun Sharma. “Examining the research on social media in business-to-business marketing with a focus on sales and the selling process.” Industrial Marketing Management 102 (2022): 122–140.

Limilia, Putri, dan Nindi Aristi. “Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis.” Jurnal Komunikatif 8, no. 2 (2019): 205–222.

Naeem, Salman Bin, Rubina Bhatti, dan Aqsa Khan. “An exploration of how fake news is taking over social media and putting public health at risk.” Health Information and Libraries Journal 38, no. 2 (2021): 143–149.

Nole, Otniel Aurelius. “Gereja dengan Model Hibrida: Sebuah Pendekatan Eklesiologi di Era Pasca Pandemi COVID-19.” Jurnal Teologi & Pelayanan Kerusso 8, no. 2 (2023): 84–91.

———. “Hidup adalah Kasih: Perjumpaan antara Karya Yesus Kristus dan Orang Mamasa.” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen 5, no. 2 (2023): 109–118.

Nole, Otniel Aurelius, dan Mariska Lauterboom. “Potensi Pendidikan Interreligius Meminimalkan Hate Speech di Media Sosial.” Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat 8, no. 1 (2024): 123–146.

Novitasari, Nurul. “Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak.” Al Hikmah 3, no. 2 (2019): 167–188.

Polii, Meyva. “Peran Keluarga terhadap Peningkatan Spiritual Remaja pada Masa Pandemi Covid 19.” Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (2021): 31–45.

Preskila, Eka, dan Bakhoh Jatmiko. “Keluarga Harmonis berdasarkan Kolose 3:18-21 dan Pengaruhnya terhadap Etika Pergaulan Anak.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (2020): 153.

Rahmania, Shokhib, Retno Wijayanti, dan Shiddiq Luqman Hakim. “Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19.” Literasi 1, no. 1 (2020): 99–100.

Roso, Joseph, Anna Holleman, dan Mark Chaves. “Changing Worship Practices in American Congregations.” Journal for the Scientific Study of Religion 59, no. 4 (2020): 675–684.

Saman, Asrina M, dan Dian Hidayati. “Pola Asuh Orang Tua Milenial dalam Mendidik Anak Generasi Alpha di Era Transformasi Digital.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 984–992.

Sartika, Anita, dan Wahyu Hidayat. “Intoleransi Beragama di Media Sosial: Analisis Narasi Hoaks dan Interaksi Netizen.” Proceeding International Conference on Cultures & Languages (ICCL) 1, no. 1 (2020): 840–863.

Schirch, Lisa. “The Techtonic Shift: How Social Media Works.” In Social Media Impacts on Conflict and Democracy: The Techtonic Shift, diedit oleh Lisa Schirch, 1–20. Abingdon: Routledge, 2021.

Simanjuntak, Bungaran A., ed. Harmonious Family: Upaya Membangun Keluarga Harmonis. Jakarta: OBOR, 2013.

Singh, Alka. “Facebook, WhatsApp, and Twitter: Journey towards Education.” SOSHUM: Jurnal Sosial dan Humaniora 8, no. 2 (2018): 139–149. http://www.facebook.com/.

Snyder, Hannah. “Literature review as a research methodology: An overview and guidelines.” Journal of Business Research 104 (2019): 333–339.

Standage, Tom. Writing on the Wall: The Intriguing History of Social Media, from Ancient Rome to the Present Day. London: Bloomsbury, 2014.

Stay, Jesse. TikTok for Dummies. Hoboken: John Wiley & Sons, 2021.

Stefon, Matt, ed. Christianity: History, Belief, and Practice. New York: Britannica Educational Publishing, 2012.

Stevanus, Kalis, dan Yunianto Yunianto. “Misi Gereja Dalam Realitas Sosial Indonesia Masa Kini.” HARVESTER: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 6, no. 1 (2021): 55–67.

Sunaryo, Fransiska Dewi Setiowati. “Hoaks dan Ujaran Kebencian dalam Dunia Digital menurut Pandangan Gereja Katolik.” In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, & Budaya, 1:37–48, 2022.

Sunquist, Scott W. Understanding Christian Mission: Participation in Suffering and Glory. Grand Rapids: Baker Academic, 2013.

Suprayitno, Emdat, dan Zakiyah Yasin. “Pendampingan Peran Keluarga terhadap Tumbuh Kembang Anak pada Masa Pandemi Covid-19 Di RA Al Hilal Pamolokan.” Jurnal Empathy 2, no. 1 (2021): 63–68.

Suroto, S., dan Asep Bayu Dani Nandiyanto. “The Effectiveness of Using WhatsApp Social Media as Learning Media at Elementary School.” Indonesian Journal of Multidiciplinary Research 1, no. 1 (2021): 79–84.

Tampake, Tony. “Ecclesia Via Contemplativa vs Ecclesia Via Activa: Sebuah Kajian Eklesiologis Historis 100 tahun Kekristenan Orang Poso.” Theologia: Jurnal Teologi Interdisipliner 4, no. 1 (2009): 1–30.

Trisnawati, Wahyu, dan Sugito Sugito. “Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19.” Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2021): 823–831.

Wanniarachchi, Vajisha Udayangi, Chris Scogings, Teo Susnjak, dan Anuradha Mathrani. “Hate Speech Patterns in Social Media: A Methodological Framework and Fat Stigma Investigation Incorporating Sentiment Analysis, Topic Modelling and Discourse Analysis.” Australasian Journal of Information Systems 27 (2023): 1–29.

Yulianingsih, Wiwin, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, dan Mustakim Mustakim. “Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1138–1150.

Zahara, Sofia, Nandang Mulyana, dan Rudi Saprudin Darwis. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3, no. 1 (2021): 105.




DOI: https://doi.org/10.47596/sg.v5i2.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.