PIETAS DAN CARITAS : PELAYANAN DIAKONIA SEBAGAI SUATU IMPLEMENTASI KEPEDULIAN SOSIAL GEREJA UNTUK MENOLONG MERETAS ANGKA KEMISKINAN DI INDONESIA

MARIANI FEBRIANA

Abstract


Meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia hari ini menjadi suatu tamparan keras bukan hanya bagi pemerintah, melainkan juga bagi gereja. Meskipun harus diakui bahwa penyebab dari kemiskinan ini disebabkan dari beberapa faktor dan diantaranya adalah faktor alam, namun tidak bisa tidak ada hal-hal yang justru disebabkan oleh faktor manusia. Usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk meretas persoalan ini, namun betapapun usaha besar yang sudah dilakukan oleh pemerintah, namun tetap tidak bisa tidak  tanggung jawab semua unsur komponen bangsa untuk bekerjasama dengan pemerintah tidak bisa dilepaskan dalam mengatasi persoalan ini dan justru diantara komponen bangsa itu adalah orang percaya.  
 
Komitmen orang percaya untuk melibatkan diri dalam usaha membangun kemanusiaan sebenarnya bukanlah suatu usaha yang baru. Dalam perjalanan Sejarah, Gereja sudah membutkikan dengan setia untuk mengkomitkan dirinya kepada tugas panggilan ini. Teologi gereja yang bertitik tolak dari Kitab Suci sudah memberikan arahan kepada gereja, bagaimana seharusnya gereja menyatakan kehadirannya dalam kehidupan. Pietas dan caritas merupakan jantung penting dalam mewujudkan kehadiran dan peran aksi gereja dalam kehidupan. Pietas dan caritas bukanlah suatu slogan kosong dalam hidup gereja, namun disitulah gereja membuktikan kepada dunia tentang kehadiran dan panggilan dirinya.  
 
Pietas dan caritas adalah suatu kenyataan hidup beribadah yang dibawa dalam realita sosial. Ibadah orang percaya kepada
 
Allah nyata dalam tindakan konkretnya kepada sesama. Tindakan konkret ini bukan hanya sekedar pelayanan kasih yang ekslusif dalam jemaat, melainkan suatu pelayanan gereja yang inkslusif yang diwujudkan dalam tindakan-tindakan keadilan, khususnya menolong orang miskin yang ada disekitarnya. Tindakan pelayanan keadilan itu dapat berupa tindakan preventif, kuratif, reformatif ataupun transformatif. Pelayanan ini adalah panggilan Allah kepada gereja untuk membangun perdamaian dan persaudaraan dengan sesama manusia, mewujudkan keadilan sosial dan perwujudan Kerajaan Allah, serta suatu upaya membangun kemanusiaan dan kesejahteraan bagi semua.
 

Kata Kunci: Pietas, caritas, diakonia, leitourgia, keadilan, kuratif, preventif, transformatif, panggilan Allah, persaudaraan sejati dan kesejahteraan bagi sesama


Full Text:

PDF

References


Abineno, J.L. Ch., Diaken, Diakonia dan Diakonat Gereja (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008)

Apostolic Constitutions, Book II.V. Diakses dari http://www.newadvent.org/fathers/07152.htm

Beals, Art. Beyond Hunger: A Biblical Mandate for Social Responsibility (Portland: Multnomah Press, 1978)

Brownlee, Malcolm, Tugas Manusia dalam Dunia Milik Tuhan: Dasar Teologis Bagi Pekerjaan Orang Kristen Dalam Masyarakat. (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1987)

Calvin, John, Institutes of the Christian Religion. John T. McNeill, ed., trans. Ford Lewis Battles. (Philadelphia: Westminster John Knox Press,1975)

Darmawan, Sigit B. Kemiskinan, Pemiskinan, Dan Peran Jemaat. Diakses dari http://esbede.wordpress.com/2008/07/14/175/

Dian, Elia., Macam-macam Kriteria Kemiskinan. Diakses dari http://eliadian.blogspot.com/2013/03/macam-macam-kriteriakemiskinan.html

Forbes Jr, James A, “The Stake of the Church in Social Movement,” Christianity and the Social Crisis in the 21 Century, ed. by Paul Raushenbush (Harper Collins: e-books)

Hellwig, Monika K. The Eucharist and the Hunger of the World (Kansas: Sheed and Ward, 1992)

Institut Leimena, Inpirasi dari Gereja-gereja yang Telah Bertindak Nyata untuk Mengatasi Kemiskinan. Diakses dari http://www.leimena.org/en/page/v/336/inspirasi-dari-gerejagereja-yang-telah-bertindak-nyata-untuk-mengatasikemiskinan

Koentjaranigrat.,Manusia dan Kebudayaan di Indonesia (Jakarta: Djambatan, 1979)

Leith, John H., Introduction to the Reformed Tradition (Atlanta: John Know, 1981)

Margareta Engge Kharismawati, Penurunan Angka Kemiskinan di 2014 Sulit Tercapai. Diakses dari http://nasional.kontan.co.id/news/penurunan-angkakemiskinan-di-2014-sulit-tercapai.

McKee, Elsie Anne. Diakonia in the Classical Reformed Tradition and Today (Grand Rapids: Wm B Eerdmans, 1989)

McKee, Elsie Anne, ed., John Calvin: Writings on Pastoral Piety (New York: Paulist Press, 2001)

Menko Kesra Akui Sulit Tekan Angka Kemiskinan. Diakses dari http://www.menkokesra.go.id/content/menko-kesrakemiskinan-masih-menjadi-pr-tahun-2014).

Moberg, David O., Inasmuch: Christian Social Responsibility in 20th Century America (Grand Rapids: WmB Eerdmans, 1973)

Niebuhr, H. Richard, The Responsibility of the Church for Society. Diakses dari http://www.religiononline.org/showarticle.asp?title=2731.

Noordegraaf, A., Teologi dalam Perspektif Reformasi: Orientasi Diakonia Gereja (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011)

Oden, Thomas C., Pastoral theology: Essentials of Ministry. (New York: Harper and Row Pub, 1983)

Sider, Ronald J., Rich Christians In An Age of Hunger: Moving from Affluence to Generosityy. (Dallas: Word Publishing, 1997)

Wolterstorff, Nicholas, Hearing the Call: Liturgy, Justice, Church and World (Grand Rapids: WmB Eerdmans, 2011)

World Council of Churches, Theological Perspectives on Diakonia in 21st Century. Colombo, 2012. Diakses dari http://www.oikoumene.org/en/resources/documents/wccprogrammes/unity-mission-evangelism-and-spirituality/justand-inclusive-communities/theological-perspectives-ondiakonia-in-21st-century.




DOI: https://doi.org/10.47596/solagratia.v2i2.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



SOLA GRATIA diindeks oleh:


Published: Sekolah Tinggi Teologi Aletheia
Address: Aletheia Theological College, Jl. Argopuro No.28-34, Lawang, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65211
Website E-Jurnal: http://sttaletheia.ac.id/e-journal/index.php/solagratia/index
e-ISSN 2723-2794, p-ISSN 2723-2786 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. All Rights Reserved.