Program Sarjana Theologi (S.Th.)

brosur-2016-depan-edit

Terakreditasi di BAN-PT dengan nilai B (Surat Keputusan BAN-PT no. 2072/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017)

Pemikiran dalam dunia teologi saat ini sedang berkembang pesat. Teologi itu adalah teologi viatorum yaitu teologi berkembang sesuai dengan konteks zamannya dan terus berarak ke depan seperti musafir dalam dunia. Akibatnya banyak pemahaman dan pemikiran theologi muncul sedemikian cepat dan terkadang tidak dapat di kontrol lagi. Di satu sisi pemikiran teologi sebagai refleksi dari pemahaman terhadap kitab suci dapat menjadi sumbangsih yang berharga dalam pembangunan tubuh Kristus.

Namun di sisi lain, pemahaman dan pemikiran yang tidak terkontrol dan tak berimbang ini dapat menjadi bumerang dalam pembangunan kesatuan tubuh Kristus. Dalam hal ini dibutuhkan kejernihan dan kecermatan untuk membawa theologi viatorum itu secara tepat dan benar dalam konteks zamannya sesuai dengan pemahaman dan pendekatan yang berimbang terhadap teks-teks kitab suci. STT Aletheia hadir dalam konteks ini untuk memperkaya teologi viatorum itu.

STT Aletheia menawarkan pendidikan theologi klasik dalam konteks pelayanan masa kini untuk memberikan jawaban yang berimbang dalam pemikiran teologi hari ini yang berkembang pesat dan sekaligus dapat memberikan sumbangsih pemikiran theologi demi keutuhan pembangunan tubuh Kristus. Dalam hal ini, Program Sarjana Teologi dapat menjawab tantangan di atas dengan: Mempersiapkan hamba Tuhan yang mampu berinteraksi dengan pemikiran teologi secara cermat dengan pendekatan pastoral yang memadai. STT Aletheia mempersiapkan pribadi-pribadi yang mau dididik untuk berdedikasi dalam teologi yang berimbang yang diwarisi sejak lama guna mempersiapkan mereka untuk melayani jemaat dengan lebih baik. Dengan melakukan hal ini, STT Aletheia yakin kerajaan Allah akan terus di kumandangkan dan diberitakan ke seluruh dunia.

Visi:

Menjadi Program Studi Teologi Kependetaan yang unggul dalam bidang penggembalaan yang biblikal dan berwawasan reformed untuk menjawab tantangan dan kebutuhan penggembalaan di Indonesia hingga tahun 2022.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi teologi kependetaan dengan memberi tekanan pada teori dan praksis penggembalaan yang biblikal dan berwawasan Reformed.
  2. Menyelenggarakan penelitian teologi tentang teori dan praksis penggembalaan yang biblikal, berwawasan Reformed dan relevan dalam konteks pelayanan di Indonesia.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam bentuk penggembalaan dan pemberdayaan warga gereja dan lembaga Kristen di Indonesia.

Persyaratan Penerimaan:

  1. Terpanggil untuk melayani Tuhan.
  2. Minimal lulusan SMU/sederajat.
  3. Direkomendasikan oleh Gereja

Persyaratan Kelulusan:

  1. Menempuh kredit sebanyak 146 SKS termasuk skripsi dan praktek 1 tahun.
  2. Lama pendidikan 4 tahun ditambah dengan 1 tahun praktek pelayanan.
  3. Menaati Semua peraturan dan menyelesaikan semua administrasi

Bidang Pelayanan:

Setelah menyelesaikan studi, alumni STT Aletheia bisa melayani sebagai rohaniawan penuh waktu, baik di gereja-gereja, sekolah-sekolah Kristen maupun lembaga-lembaga Kristen lainnya.

  • Biaya studi mahasiswa STT Aletheia Lawang Program Studi Sarjana Teologi dapat didownload di sini
  • Formulir Pendaftaran dapat di download di sini 
  • Formulir pendaftaran sementara ONLINE di sini