Seminar Kebangsaan

Dalam rangka perayaan jubileum 50 tahun STT Aletheia, salah satu acaranya yaitu pada tanggal 08 Januari 2019 telah diselenggarakan adalah Seminar Kebangsaan dengan tema Tantangan kepemimpinan Kristen di Indonesia dalam Zaman Now dengan pembicara Bpk. Dr. Ir. Budi Hartono Setiamarga. Beliau adalah Director, Center for Religion and State Studies – Institut Leimena Jakarta.

Acara yang dikuti oleh lebih dari 70 peserta baik itu Hamba Tuhan, Majelis, dan Aktivis gereja-gereja berlangsung dengan sukses dan peserta sangat antusias mengikutinya hingga acara seminar berakhir.

Seminar kebangsaan dibagi dalam dua sesi, yaitu

Sesi 1: Kita Indonesia

Dalam sesi pertama, Dr. Budi banyak menceritakan asal-usul bangsa Indonesia dan kemajemukan di Indonesia. Dan melalui Kesatuan Geografis, Keragaman Ras/Bangsa, dan Keragaman Agama, diharapkan tercipta kemajemukan dan kebebasan beragama, saling menghormati, dan saling kerja sama dalam membangun bangsa Indonesia.

Sesi 2: Membangun Mimpi Bersama

Sesi kedua lebih membahas tentang isu-isu yang sekarang sedang berkembang di masyarakat terkait dengan kebangsaan.

Dan peran STT- STT di Indonesia adalah:

  1. Revitalisasi Mata Kuliah Dasar Umum seperti Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia.
  2. Perlembut “cangkang”, sebagai contoh: Menciptakan ruang pertemuan di ruang publik (membangun persahabatan yang konstruktif), berinisiatif dan kreatif membanjiri media sosial dengan pesan kebangsaan, mengembangkan kepekaan untuk bertindak/mengembangkan budaya toleran.

Dan diakhir acara seminar diadakan foto bersama dan ramah tamah serta penyerahan plakat dan sertifikat bagi pembicara dan peserta seminar yang dipimpin oleh Ketua STT Aletheia yaitu Bpk. Pdt. Dr. Agung Gunawan.