Artikel

Prodi S-2 STT Aletheia mengadakan Seminar dan Lokakarya dengan tema LIFELONG LEARNING FOR MINISTERS pada tanggal 01-02 Oktober 2018 di Ibis Styles Hotel, Surabaya. Pembicara dalam seminar dan lokakarya tersebut adalah:

  1. Rev. Ferry Yang, Ph.D menyampaikan 3 sesi dengan topik The Importance of Lifelong Learning, The Practical Guides to Lifelong Learning, dan Experiencing Lifelong Learning.
  2. Pdt. Sia Kok Sin, D.Th menyampaikan materi tentang Life in Balance.
  3. Dr. Drs. Ec. Eddy Madiono Sutanto, M.Sc (Petra Christian University) menyampaikan topik The Relationship Between Continuing Study and Ministry.

Selama Seminar dan Lokakarya ini para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan alumni Prodi S-2 STT Aletheia dimotivasi untuk dapat menjadikan Lifelong Learning sebagai gaya hidup mereka.  Lifelong Learning for Ministry, Self Improvement, and Self Fulfillment.

8

 

Pada tanggal 12-14 September 2018, STT Aletheia Lawang menerima kedatangan asesor dari ATESEA (Association for Theological Education in South East Asia-Asosiasi Pendidikan Teologi di Asia Tenggara). ATESEA adalah organisasi seminari Kristen dan institut teologi lainnya yang bermarkas di Manila, Filipina, dan saat ini yang tergabung di dalam ATESEA meliputi 102 lembaga dan sekolah tinggi teologi di 16 negara. ATESEA juga bertindak sebagai lembaga akreditasi untuk pendidikan teologi di kawasan Asia Tenggara.

Asesor yang mewakili ATESEA kali adalah Dr. Jeaneth Faller, Dr. Samuel Wang, Dr. Rahmiati Tanudjaya, dan disambut oleh seluruh civitas academica STT Aletheia Lawang. Dalam kunjungan tersebut, asesor dari ATESEA bertemu dan mengadakan temu wicara dengan Ketua, Dekan bidang Akademik, Dekan bidang Kemahasiswaan, Dekan bidang Administrasi, masing-masing dosen pengajar, Ketua Perpustakaan, mahasiswa baik itu S-1 dan S-2, alumni, perwakilan Sinode GKT, dan bahkan ada sesi observasi kelas di beberapa kelas.

Setelah beberapa hari memberikan assesmen, ketiga assesor banyak memberikan masukan-masukan yang berharga bagi perkembangan institusi STT Aletheia Lawang di masa depan.

Untitled-upload

Program Studi Pascasarjana Magister Teologi STT Aletheia Lawang pada tanggal 11 Agustus 2018 telah menerima dengan antusias Ditjen Bimas Kristen Bpk. Dr. Pontus Sitorus, M. Si., dan Bpk. Roynardo Tambunan, S. Kom, M. TI. dalam rangka visitasi Perpanjangan Izin Penyelenggara (PIP) Prodi Strata Dua Teologi Magister Teologi STT Aletheia Lawang.

Selain jajaran dosen dan staf STT Aletheia, visitasi tersebut juga dihadiri oleh unsur yayasan antara Dr. Eddy M. Sutanto, M. Sc. (Ketua Departemen Pendidikan Teologi Sinode GKT), Bpk. Harjono Liman (Bendahara Departemen Pendidikan Teologi Sinode GKT), dan Bpk. Pdt. Suwanton, M. Th. (Sekum Sinode GKT). Turut hadir dalam acara tersebut mahasiswa, dan alumni Prodi Pascarsarjana Magister Teologi.

Dalam visitasi tersebut banyak sekali masukan-masukan berharga dari Bpk. Pontus terhadap perkembangan akademik dan tuntutan zaman ini yang harus dihadapi sekolah tinggi terutama sekolah tinggi teologi. Dan di akhir acara diadakan sesi ramah tamah bagi seluruh peserta yang hadir saat itu.

1

 

Sebagai warga negara yang cinta Indonesia, STT Aletheia Lawang juga mengadakan lomba dalam rangka perayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-73 yang diadakan pada tanggal 24 Agustus 2018. Acara lomba diadakan pada saat jam olahraga dan diikuti oleh semua mahasiswa Aletheia. Lomba yang diadakan antara lain Lomba Bakiak Raksasa, Tarik Tambang, Lomba Makan Krupuk, Lomba Balap Kelereng, dan Senam Poco-poco. Seluruh mahasiswa dengan antusias dan semangat mengikuti lomba hingga selesai. Lomba dalam rangka perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan adalah acara rutin yang diselenggarakan oleh BEM STT Aletheia Lawang setiap bulan Agustus.

1

Pada tanggal 13-15 agustus 2018 Program Studi Sarjana Teologi juga mengikuti Kuliah Padat dengan tema Introduction to Christian Education (Dosen: Rev. David Burke). Kuliah ini dipandu oleh Pdt. Alfius areng Mutak, Ed. D. dan diadakan di ruang chapel malam. Dalam kesempatan tersebut juga dibahas mengenai pendidikan Kristen ynag sedang berlangsung di dunia ini.

Berikut adalah biodata Rev. David Burke yang dikutip dari laman beliau:

David Burke adalah dosen dalam pelayanan dan praktik dan melakukan beberapa pengajaran dalam sejarah dan pemikiran Kekristenan. Beliau juga adalah Koordinator FES, Dekan Mahasiswa Internasional dan Sekretaris Fakultas. Beliau juga mengajar di perguruan tinggi paruh waktu dari 1981-1999 dan telah menjadi staf tetap sejak Januari 2011. Beliau juga memiliki latar belakang yang panjang dalam pelayanan pendidikan pastoral dan Kristen, melayani di Singapura 1999-2010 dan saat ini mengkoordinasikan sebuah proyek pelatihan pelayanan di Timor Leste.

1

Program Studi Pasca Sarjana Magister Teologi STT Aletheia Lawang mengadakan kuliah padat tanggal 13-16 Agustus 2018 dengan tema Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Alkitab (Dosen: Pdt. Emil A. Zheng, USA). Beliau adalah alumni dari STT Aletheia Lawang  tahun 1991 wisuda angkatan ke-18 yang sekarang melayani di Amerika. Kuliah padat berjalan lancar sesuai rencana dan juga dibuka pertanyaan-pertanyaan seputar hak asasi yang telah dan sedang berjalan di dunia ini yang terkadang melenceng dari kebenaran Alkitab.

Sesi tanya jawab juga berlangsung dengan tertib dan lancar karena Pdt. Emil dapat menjawab dengan tuntas segala pertanyaan tersebut.

1

 

Pada tanggal 11 Agustus 2018 bertempat di ruang chapel malam STT Aletheia Lawang mengadakan Kuliah Umum  dengan narasumber Prof. Dr. Thomas Pentury, M. Si. Beliau adalah Dirjen Bimas Kristen saat ini.

Berikut adalah riwayat dari Prof. Dr. Thomas Pentury, Msi:

Beliau lahir di Ambon, 17 Mei 1963. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Matematikan Fakultas MIPA Universitas Pattimura (2004-2006), Ketua Badan Kerjasama Universitas Pattimura (2006-2007), Sekretaris Badan Penjaminan Mutu Universitas Pattimura (2007-2008), PJS Sekretaris Lembaga Penelitian Universitas Pattimuara (2008), Dekan Fakultas MIPA Universitas Pattimura (2008-2011), dan terakhir Rektor Universitas Pattimura Periode 2012-2016.

Segenap Dosen dan mahasiswa STT Aletheia Lawang dengan antusias mengikuti kuliah tersebut sampai selesai, dan berharap agar dapat terus memperoleh update terbaru terkait dengan peraturan pemerintah untuk sekolah tinggi teologi di Indonesia.

DSC_6950upload

Pada tanggal 10 Agustus 2018 STT Aletheia Lawang telah mengadakan upacara WISUDA ke-45 di Auditorium Sola Gratia dengan pembicara oleh Pdt. Emil Andreas, Th. M., Liturgos oleh Bpk. Brury Eko Saputra, Th.M., dan pengiring musik oleh Ibu Susan Irawan, M.Ed., M.HRM., dan Sdr. Christian Reeve, S.Th. Tema dari upacara wisuda kali ini adalah Gereja di Tengah Ketegangan Multidimensi: Hambatan atau Peluang yang disampaikan dengan baik oleh Pdt. Emil Andreas.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah wakil dari Departemen Pendidikan Theologia Sinode GKT, wakil dari Badan Pengurus Sinode GKT, wakil dari Bimas Kristen Jawa Timur, wakil dari PALITA (Persekutuan Alumni Aletheia), unsur MUSPIKA Lawang, dan tamu-tamu undangan dari gereja-gereja.

Acara wisuda sendiri dipimpin oleh Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th. M. (selaku Ketua STT Aletheia Lawang) dan Pdt. Mariani Febriana, Th. M. (Wakil Ketua I Bidang Akademik). Wisuda kali ini diikuti oleh 23 mahasiswa (13 mahasiswa M. Th., dan 10 mahasiswa S. Th.) yaitu:

MAGISTER TEOLOGI (M.Th.)

  1.  Andry Saputra Ligawan dengan judul tesis: Tinjauan Kritis Tulisan-tulisan Awal Gustavo Gutiérrez untuk Menolong Gereja Berteologi secara Kontekstual
  2.  Antonius Haniba Perez dengan judul tesis: Konsep Manusia Sebagai Penatalayan Ciptaan untuk Menyadarkan Jemaat Pentingnya Memelihara Lingkungan Alam
  3.  Danga Mbeni Haba dengan judul tesis: Konsep Doa Menurut John Calvin Berdasarkan Buku Institutio untuk Memberi Pemahaman Kepada Orang Percaya dalam Membangun Disiplin Doa
  4.  David Handriyanto dengan judul tesis: Konsep Pengelolaan Harta Benda dalam Kitab Amsal untuk Memberikan Paradigma Bagi Orang Percaya dalam Mengelola Kekayaannya
  5.  Kartikawati Nurmala dengan judul tesis: Penggunaan Media Boneka Jari untuk Menolong Guru Sekolah Minggu dalam Mengajarkan Cerita Alkitab pada Anak Usia 3- 5 Tahun di Gereja Isa Almasih dan Gereja Kristen Abdiel Imanuel Lawang
  6.  Libertha Masrikat dengan judul tesis: Eksegese Mazmur 8 untuk Memberikan Pemahaman tentang Kedudukan Manusia sebagai Imago Dei
  7.  Mareks Joseph dengan judul tesis: Konsep Kedaulatan Allah dalam Kitab Ayub untuk Memberikan Pemahaman Kepada Orang Percaya Agar Dapat Bertahan dalam Menghadapi Penderitaan
  8.  Martin dengan judul tesis: Kritik Terhadap Konsep Kristologi Saksi Yehova Berdasarkan Konsep Kristologi Reformed Untuk Memberikan Pemahaman Orang Percaya Tentang Dua Natur Yesus
  9.  Sugiono dengan judul tesis: Tinjauan Etika Kristen Terhadap Perceraian yang Terjadi Pada Pasangan Beda Iman
  10.  Suwanton dengan judul tesis: Metode Mediasi untuk Menumbuhkan Efikasi Diri Hamba Tuhan dalam Menyelesaikan Konflik dalam Pelayanan
  11.  Yonatan dengan judul tesis: Penyelidikan Ulangan 6:1-25 untuk Memberikan Pemahaman Kepada Orang Tua Tentang Pentingnya Pendidikan Spiritual Anak
  12.  Youke Esther Makikama dengan judul tesis: Eksposisi Mazmur 110 untuk Memberikan Model Penafsiran tentang Mazmur-mazmur Mesianis
  13.  Yudi Handoko dengan judul tesis: Kontribusi Pemahaman Blended Worship bagi Ibadah Hari Minggu Gereja Kristus Tuhan

SARJANA TEOLOGI (S.Th.)

  1.  Antonius Kristanto Thiowono dengan judul skripsi: Pemahaman Konsep Vokasi Berdasarkan Martin Luther Untuk Memberikan Kepada Jemaat Pemahaman Tentang Panggilan Kristen Dalam Pekerjaan
  2. Eka Christian Putra Hia dengan judul skripsi: Respon Terhadap Pandangan Marcus J. Borg Tentang I Korintus 15:1-58 Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Kebangkitan Yang Alkitabiah Kepada Jemaat
  3. Ester Jimin dengan judul skripsi: Studi Eksegetis Pengkhotbah 11:7-12:8 Untuk Menolong Orang Muda Menggunakan Masa Mudanya Dengan Bijaksana
  4. Herman dengan judul skripsi: Konseling Pastoral Terhadap Hamba Tuhan Yang Mengalami Depresi
  5. Lisa Dianing Rahayu dengan judul skripsi: Pemahaman Unsur-Unsur Liturgi Untuk Menolong Jemaat Melakukan Ibadah Dengan Benar
  6. Natalia Alimbuto dengan judul skripsi: Pemahaman Kemesiasan Yesus Menurut Tujuh Perkataan “Aku Adalah” di Dalam Injil Yohanes Untuk Menjelaskan Tentang Karya Penebusan Yesus
  7. Putra Anugrah Purnama Waruwu dengan judul skripsi: Konsep Kerja Sebagai Panggilan Menurut Pandangan John Calvin Untuk Menolong Orang Percaya Memahami Makna Kerja Secara Benar
  8. Tjong Meilinda dengan judul skripsi: Tinjauan Kritis Terhadap Konsep Keselamatan Menurut John Hick Untuk Menolong Orang Percaya Memahami Konsep Keselamatan Kekristenan Dengan Benar
  9. Vivianty Tumade dengan judul skripsi: Eksposisi Roma 8:19-22 Untuk Memotivasi Orang Percaya Dalam Memelihara Bumi
  10. Yuni Relawati dengan judul skripsi: Eksposisi Markus 10:1-12 Untuk Menolong Keluarga Kristen Menghindari Perceraian

1Video dapat diakses di sini

 

 

STT Aletheia Lawang pada tanggal 09 Agustus 2018 juga mengadakan Persekutuan Dosen dan Calon Wisudawan di Wisata Edukasi Kebun Pak Budi Desa Sekarmojo Purwosari Jawa Timur. Dalam acara itu, setiap calon wisudawan memberikan kesan dan pesan kepada STT Aletheia. Dan pada sore harinya diadakan Gladi bersih Wisuda ke-45 yang diadakan di Auditorium Sola Gratia jam 16.00 wib dan dilanjutkan dengan acara makan malam bersama Dosen, dan calon wisudawan/wisudawati beserta keluarga masing-masing.

Banyak sekali suka duka mahasiswa saat kuliah baik yang akan wisuda dengan gelar Sarjana Teologi maupun yang akan lulus dengan gelar Magister Teologi, dan semua itu untuk kemuliaan Tuhan.

2

Ibadah pembukaan semester gasal 2018-2019 STT Aletheia Lawang diadakan pada tanggal 07 Agustus 2018 jam 16.30 wib –selesai di Auditorium Sola Gratia dengan tema semester yaitu Dare to be a Spiritual Shepherd. Ibadah dipimpin oleh Pdt. Alfius A. Mutak, Ed. D. dan bertugas sebagai pembawa Firman Tuhan adalah Pdt. Emil Andreas, Th. M. (salah seorang alumni STT Aletheia Lawang tahun 1991 wisuda angkatan ke-18).

Dalam kesempatan itu, Ketua STT Aletheia Lawang yaitu Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th. M. memperkenalkan mahasiswa baru baik dari Program Studi Teologi dan Magister Teologi. Mahasiswa baru Prodi Teologi pada saat itu juga mempersembahkan pujian.

Ibadah Pembukaan semester kali ini juga dihadiri oleh Sekjen Sinode GKT yaitu Pdt. Suwanton, Th. M. yang memberikan pesan kepada mahasiswa baru agar tetap setia dalam memenuhi panggilan Tuhan.

Ibadah Pembukaan Semester Gasal 2018-2019