Author Archives: adi wijaya

Pada hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019 mahasiswa STT Aletheia bersama dengan berbagai elemen masyarakat, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), TNI, Kepolisian, dan lain-lain telah mengadakan acara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Lawang yang dimulai jam 08.00 sampai selesai.

Kegiatan ini rutin diikuti oleh mahasiswa STT Aletheia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa kita. Dan sekaligus mengingat akan segala perjuangan para pahlawan yang dengan sukarela melawan penjajahan dan turut andil dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Kiranya melalui semangat perjuangan para pahlawan, kita semua diberikan motivasi untuk terus semangat dalam mengisi kemerdekaan dengan harapan agar Indonesia ini semakin maju baik dari segi fisik pembangunan maupun melalui mentalitas anak bangsa yang semakin cinta akan Tuhan. Merdeka!

3

Pada tanggal 12-13 Agustus 2019 telah diadakan Kuliah Umum dengan tema Dasar dari Filsafat Reformasi yang dipimpin oleh Prof. Dr. Gerrit Glas dan diterjemahkan oleh Pdt. Markus Dominggus Leredawa, DSA., Bpk. Brury Eko Saputra, Th.M., dan Pdt. Amos Winarto, Ph.D.

Kuliah umum ini diikuti oleh Dosen STT Aletheia, mahasiswa Prodi S-1 Sarjana Teologi semester 5 (tingkat III), mahasiswa Prodi S-2 Magister Teologi, dan dari kalangan umum.

Adapun yang dibahas antara lain:

  1. Tokoh-tokoh penting dalam pemikiran filsafat Kristen
  2. Pemikiran filsafat reformasi dari Kuyper dan Dooyeweerd
  3. Filsafat reformasi mengenai relasi gereja dan negara
  4. Filsafat reformasi mengenai keluarga dan bisnis

3

Dalam kuliahnya, beliau mengatakan bahwa kepemimpinan telah menjadi sangat penting karena perusahaan, organisasi, dan lembaga kehilangan arah dan koherensi, ketika tidak ada kepemimpinan yang efektif. Kepemimpinan pastoral adalah bentuk penatalayanan, yang membutuhkan pendidikan rohani, pendidikan untuk memahami makna Injil, saat ini, dan untuk orang-orang ini, dalam keadaan mereka. Orang-orang ini dipercayakan kepada pendeta. Dia tidak memiliki mereka, tetapi dia melayani mereka, pertama-tama dengan memberi tahu dan dengan memperlihatkan perilakunya, tentang Injil, tentang makna sentral dari pengampunan, tentang cinta, belas kasih, dan perhatian.

Dan juga mengatakan bahwa gembala bukanlah seorang pendiri gereja, bukan semacam manajer dari sebuah komunitas besar, yang mendefinisikan aturan untuk kolaborasi, urutan pelayanan, dan bagaimana segala sesuatu praktis harus dilakukan.

 

Pada tanggal 09 Agustus 2019 STT Aletheia telah mengadakan Upacara Wisuda ke-46 (Magister Teologi ke-6 dan Sarjana Teologi ke-27) di auditorium Sola Gratia. Wisuda dipimpin oleh Ibu Liu Wisda, Th.M. dan yang bertugas menyampaikan renungan adalah Prof. Dr. Gerrit Glas dari Vrije Universiteit Amsterdam. Tema dari upacara wisuda kali ini adalah The Shepherd Leadership for the Kingdom of God.

Adapun daftar mahasiswa yang diwisuda tahun 2019 ini adalah

Magister Teologi:

  1. Edmon M.L. Mnaohonin: Studi Konsep Garam dan Terang dalam Matius 5:13-16 untuk Menegaskan Pemahaman tentang Tanggung Jawab Orang Percaya dalam Masyarakat
  2. Djoko Sarwono Margolali: Studi Kisah Penghukuman Air Bah di Kitab Kejadian 6-7 untuk Memberi Pemahaman kepada Jemaat tentang Konsekuensi Hidup dalam Dosa
  3. Maria Handaja: Eksposisi Kejadian 2:18-25 untuk Memberikan Pemahaman tentang Peran Istri Hamba Tuhan

Sarjana Teologi:

  1. Amelia Putri Mustanu: Pentingnya Ibadah Keluarga untuk Menolong Keluarga Kristen Membangun Keharmonisan
  2. Bernice Joy Mawarwati: Implementasi Ibadah yang Berpusat pada Allah untuk Menolong Gereja Menciptakan Ibadah yang Benar
  3. Havilah Jairus Markali: Eksposisi Matius 19:1-12 untuk Memberikan Pemahaman bagi Orang Kristen Tentang Pentingnya Menghindari Perceraian dalam Pernikahan Kristen
  4. Joni Pinarto: Pendampingan Pastoral untuk Menolong Jemaat Mengatasi Masalah Kecanduan Narkoba
  5. Lianingrum: Pemuridan Menurut Edmund Chan untuk Menolong Pemuridan di Gereja
  6. Michael Ganjar Kusuma Sabda: Eksposisi Yakobus 3:1-12 Memberi Pemahaman yang Benar kepada Orang Percaya tentang Pentingnya Pengendalian Lidah
  7. Obierdo Mardino Narosoni: Menggali Konsep Puisi Charles Wesley untuk Menolong Orang Kristen Mengenal Allah Lebih Dalam
  8. Yesyca Cendrawati: Pemahaman Katekismus Heidelberg Berdasarkan Pertanyaan dan Jawaban 1 dan 125 untuk Menolong Orang Kristen Terhindar dari Bahaya Hedonisme
  9. Yurike Oktavianti Misa: Konseling Pastoral untuk Menolong Orang Kristen yang Mengalami Luka Batin

Dalam sesi sambutan, ada tiga perwakilan undangan yang memberikan sambutan antara lain:

  1. Wakil dari Departemen Pendidikan Teologi Sinode GKT: Bpk. Pdt. Hadi Sugianto, M.Th.
  2. Ketua Badan Pengurus Sinode GKT: Bpk. Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th.
  3. Plt.PemBimas Kristen Jatim: Bpk. Totok Istiaharjo, S.Th.

Kami atas nama civitas academica STT Aletheia mengucapkan selamat bagi mahasiswa yang telah lulus ujian tesis dan skripsi dan mengikuti prosesi wisuda ke-46.

Soli Deo Gloria.

wisuda ke-46 upload

 

STT Aletheia telah mengadakan Ibadah Pembukaan Semester Gasal 2019-2020 pada tanggal 06 Agustus 2019 dengan tema DARE TO BE A SPIRITUAL SHEPHERD. Ibadah Pembukaan Semester tersebut yang bertugas sebagai liturgos adalah Pdt. Linus Baito, M.Th. dan yang bertugas sebagai penyampai Firman Tuhan adalah Bpk. Michael Indra, Th.M. yang sekaligus akan memberikan renungan bagi seluruh mahasiswa dalam acara Pemupukan Rohani pada tanggal 07-08 Agustus 2019. Ibadah Pembukaan Semester kali ini juga memperkenalkan mahasiswa baru STT Aletheia baik yang mengambil prodi S-1 maupun Prodi S-2.

Pembukaan Semester Gasal 2019-2020 uploadPada kesempatan itu juga Ketua BP Sinode GKT yaitu Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. memberikan kata sambutan yang menggarisbawahi agar keramahan dan kesetiaan para mahasiswa lebih ditingkatkan lagi sebagai salah satu cara untuk menginjili tidak peduli itu kepada tamu atau orang lain yang berkunjung ke STT Aletheia Lawang.

Ibadah Pembukaan Semester ditutup oleh Ketua STT Aletheia yaitu Pdt. Dr. Agung Gunawan, Th.M. dengan pengumuman mahasiswa yang akan week-end selama setahun (daftar mahasiswa yang week end selama 1 tahun dapat diakses di sini) di gereja-gereja sebagai bekal pengalaman dalam mempraktikkan teori yang diterima di kampus.

Selamat memulai semester gasal 2019-2020. Soli Deo Gloria.

 

Pada tanggal 29 Juli 2019 Prodi Magister Teologi STT Aletheia telah mengadakan Ujian Tesis bagi 2 orang mahasiswanya yang bernama Maria Handaja dan Djoko Sarwono Margolali. Ujian diselenggarakan di Ruang Paulus (lantai 2) yang dimulai jam 09.00-12.00 wib yang dibagi dalam 2 sesi, yaitu

Sesi 1 (jam 09.00-11.30 wib):

  • Peserta Ujian: Maria Handaja
  • Judul Tesis: Eksposisi Kejadian 2:18-25 untuk Memberikan Pemahaman tentang Peran Istri Hamba Tuhan
  • Penguji:
  1. Pdt. Kornelius A. Setiawan, D. Th. (Ketua Tim Penguji Tesis)
  2. Pdt. Sia Kok Sin, D. Th. (Pembimbing Tesis)
  3. Pdt. Amos Winarto, Ph. D. (Penguji I/Pembaca 2)
  4. Pdt. Alfius Areng Mutak, Ed.D. (Penguji 2)

Sesi 2 (jam 11.30-12.00 wib)

  • Peserta Ujian: Djoko Sarwono Margolali
  • Judul tesis: Studi Kisah Penghukuman Air Bah di Kitab Kejadian 6-7 untuk Memberi Pemahaman kepada Jemaat tentang Konsekuensi Hidup dalam Dosa
  • Penguji:
  1. Pdt. Kornelius A. Setiawan, D. Th. (Ketua Tim Penguji Tesis)
  2. Pdt. Sia Kok Sin, D. Th. (Pembimbing Tesis)
  3. Pdt. Amos Winarto, Ph. D. (Penguji I/Pembaca 2)
  4. Pdt. Alfius Areng Mutak, Ed.D. (Penguji 2)

Setelah melalui proses ujian dan tanya jawab bagi peserta ujian, akhirnya kedua peserta tersebut dinyatakan LULUS dengan baik. Selamat atas keberhasilannya.

Ujian Tesis 2019

Pada tanggal 1-7 Juni 2019 Tim Pengabdian Kepada Masyarakat STT Aletheia Lawang bekerjasama dengan beberapa alumni melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pontianak.

Adapun perincian acaranya adalah sebagai berikut:

  • Hari sabtu, tanggal 1 Juni 2019:
  1. Pdt. Markus Dominggus dan Bpk. Joe melayani di GKT Pos Kota Baru berkoordinasi dengan Bpk. Tek Jung.
  2. Bpk. Deddy melayani di PPA Siantan KalBar berkoordinasi dengan Bpk. Ronny.
  3. Pdt. Linus Baito melayani di GKNI Gajah Mada KalBar berkoordinasi dengan Ev. Liliana Lestari.
  • Hari Minggu, tanggal 2 Juni 2019:
  1. Pdt. Markus Dominggus dan Bpk. Joe melayani di GKT Pos Kota Baru berkoordinasi dengan Bpk. Tek Jung.
  2. Pdt. Yance A. Riung melayani di GPDI Desa Kapur berkoordinasi dengan Pdt. Edy.
  3. Bpk. Deddy melayani di GPDI Desa Kapur berkoordinasi dengan Pdt. Edy.
  • Hari Senin, tanggal 3 Juni 2019:
  1. Pdt. Markus Dominggus memberikan workshop dengan tema “ Administrasi Gereja untuk Pertumbuhan Gereja di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  2. Pdt. Linus Baito memberikan workshop dengan tema” Kepemimpinan yang Efektif I” di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  3. Bpk. Deddy memberikan workshop dengan tema “Mengajar Sekolah Minggu dengan Efektif” di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  4. Pdt. Yance A. Riung memberikan workshop dengan tema “Pemanfaatan Teknologi untuk Pelayanan Khotbah” di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  5. Bpk. Brury Eko Saputra memberikan workshop tentang “Mengenal Surat Roma” di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  • Hari Selasa, tanggal 4 Juni 2019:
  1. Pdt. Markus Dominggus memberikan workshop dengan tema: Khotbah yang Menjawab Kebutuhan Jemaat” di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  2. Pdt. Linus Baito memberikan workshop dengan tema “ Kepemimpinan yang Efektif 2” di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  3. Bpk. Deddy memberikan KKR Anak di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  4. Pdt. Yance A. Riung memberikan KKR dalam ibadah gabungan di Daerah Sungai Melayu berkoordinasi dengan Pdt. Nainggolan.
  • Hari Rabu, tanggal 5 Juni 2019:
  1. Pdt. Linus Baito melayani KKR di Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dalam acara Pekan Remaja Pemuda  (PRP) Gereja Persekutuan Pemberitaan Injil Kristus (GPPIK) Jelimpo Kal-Bar.
  • Hari Kamis, tanggal 6 Juni 2019:
  1. Pdt. Linus Baito memberikan workshop dengan tema yang berfokus pada kepemimpinan di Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) Menjalin KalBar berkoordinasi dengan Pdt. Wiro Setjo.
  2. Bpk. Brury Eko Saputra memberikan workshop tentang pemanfaatan software (offline maupun online) dalam mempersiapkan khotbah dan bahan ajar di Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) Menjalin KalBar berkoordinasi dengan Pdt. Wiro Setjo.
  3. Bpk. Deddy memberikan workshop tentang mengajar Sekolah Minggu bagi guru-guru Sekolah Minggu di Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) Menjalin KalBar berkoordinasi dengan Pdt. Wiro Setjo.
  4. Pdt. Yance melayani KKR gabungan di Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) Menjalin KalBar berkoordinasi dengan Pdt. Wiro Setjo.
  • Hari Jumat, tanggal 7 Juni 2019:
  1. Tim PKM STT Aletheia Lawang memperkenalkan STT Aletheia dan program-programnya sekaligus mengadakan diskusi Team Panel dan Hamba Tuhan di Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) Menjalin KalBar berkoordinasi dengan Pdt. Wiro Setjo dan Pdt. Linus Baito.
  2. Bpk. Deddy memberikan KKR Anak PPA di Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) Menjalin KalBar berkoordinasi dengan Pdt. Wiro Setjo.

Demikian perincian acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dipimpin oleh Bpk. Brury Eko Saputra, Th.M. selaku Ketua PKM STT Aletheia dan Pdt. Linus Baito, M.Th. selaku HUMAS STT Aletheia Aletheia beserta tim PKM lainnya.

16

Di tahun 2019 ini, STT Aletheia (dahulu: Institut Theologia Aletheia/ITA) memperingati hari jadinya yang ke-50. Tepatnya pada tanggal 12 Februari 1969, Sinode Gereja Kristus Tuhan/GKT mendirikan ITA, yang berlokasi di Jl. Argopuro, Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Adapun tema besar dari Jubileum 50 Tahun STT Aletheia ini adalah SHEPHERD LEADERSHIP IN THE KINGDOM OF GOD. Dengan meneladani karakter kepemimpinan Sang Gembala Agung, Tuhan Yesus Kristus, seluruh keluarga besar STT Aletheia rindu untuk terus berkarya aktif dalam gereja, masyarakat dan negara demi menjawab panggilan Tuhan dalam zaman now.

Untuk memperingati moment yang khusus ini, STT Aletheia mengadakan berbagai kegiatan mulai bulan Januari – Juli 2019. Di bulan Januari STTA mengadakan Simposium Kepemimpinan Kristen: Tantangan Kepemimpinan Kristen di Indonesia dalam Zaman Now, bekerja sama dengan Institut Leimena, Jakarta. Di bulan Februari, diadakanlah Seminar Kepemimpinan Kristen: Building a Strong Healthy Ministry Team, dengan pembicara Rev. Dr. Joshua Ting (USA). Di bulan yang sama, bekerja sama dengan Kelurahan Lawang dan Balai Kesehatan Masyarakat “Griya Husada”, diselenggarakanlah Aksi Tanam Pohon di sepanjang jalan Tawang Argo, Lawang dan Pengobatan Gratis bagi masyarakat sekitar kampus STT Aletheia. Dan untuk semakin memeriahkan Jubileum ini, STTA juga mengadakan Konser Kantata “PSALM 23: A Journey with the Shepherd”, Aletheia Cup (lomba futsal dan bulutangkis), Aletheia Voice (lomba menyanyi solo yang dimeriahkan oleh Mr. Carlo Saba, personel Kahitna), dan Indonesian Concert Tour oleh Bel Canto Women’s Choir dari Azusa Pacific University, Los Angeles, USA. Semua kegiatan ini telah terlaksana dan menjadi berkat bagi banyak orang.

REUNI AKBAR 2019

Puncaknya, pada tanggal 2-4 Juli 2019, diadakanlah Reuni Akbar 2019, yang diadakan di kampus tercinta STTA. Reuni Akbar ini dihadiri oleh 219 alumni dari berbagai tempat pelayanan, baik di dalam negeri, maupun luar negeri. Alumni dari berbagai generasi, baik dari generasi awal hingga generani terkini, datang untuk melepas rasa kangen serta berbagi pengalaman pelayanan.

Pada Ibadah Pembukaan, Rev. Dr. Joshua Ting menyampaikan Firman Tuhan dengan tema “牧養領導事奉的重思”. Beliau mengajak para alumni untuk merefleksi kembali pola kepemimpinan dalam pelayanan-pelayanan mereka.

Selanjutnya, panitia Reuni Akbar telah merancang kegiatan-kegiatan lain, seperti Ceramah Apologetika oleh Pdt. Yakub Tri Handoko; beberapa kelas kapita selekta, yang dibawakan oleh alumni STTA, yaitu: Pdt. Antonius Fu, Pdt. Daniel Cahyadi, Pdt. Joni Stephen, dan Pdt. Aya Susanti. Selain itu, dari rasa cinta para alumni kepada almamater, mereka juga memberikan masukan-masukan demi kemajuan STTA di masa yang akan datang. Pada hari kedua Reuni Akbar, para alumni bersama keluarga mengakrabkan diri mereka melalui rekreasi yang diadakan di Jawa Timur Park 3. Mereka sangat menikmati kebersamaan ini. Dan pada akhirnya, Kebaktian Penutupan Reuni Akbar diadakan untuk menutup seluruh rangkaian acara Reuni Akbar. Pdt. I Made Mastra (alumni angkatan pertama), menyampaikan Firman Tuhan sekaligus memimpin Sakramen Perjamuan Kudus.

KEBAKTIAN SYUKUR JUBILEUM 50 TAHUN STTA

Acara pamungkas dari Jubileum 50 tahun STTA ini adalah Kebaktian Syukur, yang diadakan pada tanggal 4 Juli 2019, pukul 16.00 di Auditorium SOLA GRATIA. Ibadah ini adalah ungkapan syukur tertinggi dari seluruh Civitas Akademika STT Aletheia atas kasih dan kebaikan Tuhan yang telah memimpin STTA selama 50 tahun.

Sebagai liturgos, Pdt. Linus Baito mengajak seluruh hadirin untuk memuji dan menyembah Tuhan melalui doa dan nyanyian. Puji-pujian kepada Tuhan dinaikan dengan dipandu oleh GKT Chamber Orchestra serta Paduan Suara Alumni dan Mahasiswa Musik STTA, yang melantunkan beberapa nyanyian dari Kantata “Psalm 23” karya Pepper Choplin di bawah pimpinan Ev. Yunus Sutandio, M.C.M.

Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Joseph Tong, Ph.D. Sebagai salah seorang pendiri dan dosen pertama STTA, Pdt.  Joseph Tong, Ph.D. memberikan banyak nasihat dan menceritakan kenangan-kenangan masa lalu waktu beliau melayani di tahun-tahun awal STTA. Beberapa doa juga dinaikkan, oleh eks-rektor/ketua STT Aletheia, yaitu: Pdt. Peterus Pamudji, Ph.D. dan Pdt. Kornelius A. Setiawan, Th.D.

Menjelang akhir Kebaktian Syukur ini, terdapat sebuah Seremonial Jubileum 50 tahun STTA. Terdapat sebuah dialog singkat dengan beberapa alumni yang tertua, termuda, dan melayani di tempat terjauh, serta di tempat yang terpelosok. Hal ini menunjukkan bahwa alumni STTA melayani di berbagai macam pelayanan dan tempat. Dilanjutkan dengan sebuah parade dari elemen-elemen yang telah membentuk STTA menjadi sebuah institusi yang terus melayani dan menjadi berkat. Elemen-elemen tersebut adalah Badan Pengurus Pusat Sinode GKT, Departemen Pendidikan Teologia Sinode GKT, Pimpinan dan Dosen STTA, Para Alumni, dan Para Mahasiswa. Kasih dan Panggilan Tuhanlah yang telah mengikat dan mempersatukan mereka dalam pelayanan STTA. Selanjutnya, Pdt. Dr. Agung Gunawan mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada banyak pribadi, lembaga dan gereja, yang telah memberkati STTA selama ini melalui pemberian cindera mata. Dan akhirnya, seremonial ini ditutup dengan penekanan tombol oleh Pdt. Dr. Agung Gunawan, dan tata lampu dengan figur “50” yang menyala, yang melambangkan kerinduan seluruh Civitas Akademika STT Aletheia untuk senantiasa bercahaya terang bagi Kristus. Soli Deo Gloria, segala kemuliaan hanya bagi Allah.

DSC_0340upload

Dengan dipimpin oleh Pdt. Gumulya Djuharto, Th.M., tingkat akhir (tingkat 4 semester 8) STT Aletheia Lawang telah mengadakan Mission Trip ke Pontianak. Tim Mission Trip mengunjungi beberapa tempat yang telah ditentukan antara lain:

  • Tanggal 17-19 Juni 2019 di GKKB Jemaat Sentebang dengan melayani di acara Sekolah Alkitab Liburan. Di tempat tersebut, Pdt. Heri Chung sangat berterima kasih atas pelayanan dari STT Aletheia Lawang.
  • Tanggal 20 Juni 2019 di Sentebang dengan pembagian topi petani kepada masyarakat sekitar yang diwakili oleh H. Bunjamin Ali.
  • Tanggal 23-24 Juni 2019 di GKKB Parit Baru Pontianak dengan melayani khotbah dan vokal grup di gereja.

Kegiatan mission trip ini akan diagendakan setiap tahun dengan tempat tujuan yang berbeda. Mission trip sendiri bertujuan untuk mengetahui kebutuhan gereja langsung dan saling memberikan info-info atau masukkan-masukkan yang berguna bagi kedua belah pihak baik dari pengguna maupun dari pihak akademisi dalam pelayanan ke depannya.

3

Pada 10-13 Juni 2019 Program Studi Sarjana Teologi STT Aletheia Lawang telah mengadakan Ujian Skripsi yang diikuti oleh 11 mahasiswa semester 8 (tingkat IV). Daftar peserta Ujian Skripsi dapat diakses di sini. Dan semua mahasiswa dinyatakan lulus dengan revisi-revisi isi sesuai hasil masukkan dari dosen penguji masing-masing. Selamat!

1

Sebagai penutup dari semester genap ini, maka pada tanggal 23 Mei 2019 telah diadakan ibadah penutupan semester genap 2018-2019 yang dipimpin oleh Pdt. Mariani Febriana, Th.M. dan diiringi musik oleh mahasiswa musik Aletheia.

Pada kesempatan tersebut Pdt. Amos Winarto, Ph.D. yang bertugas menyampaikan firman Tuhan menggarisbawahi bahwa hal tersulit dalam pelayanan Kristen adalah kepemimpinan Kristen yang berdampak bagi jemaat. Menurut Pdt. Amos, Leadership is followership, more and less yang artinya More about following Jesus, Less about following you (band. Yohanes 3:30) yang dapat diartikan secara sederhana bahwa kepemimpnan Kristen yang berdampak adalah bahwa pengikut Kristus makin bertambah dan pengikut kita makin berkurang more about following Jesus, Less about following ourselves. Jadi apa tujuan kepemimpinan Kristen adalah semua untuk Tuhan dan bukan untuk diri pemimpin itu sendiri. Dan beliau dalam renungannya juga menyampaikan 4 hal terkait tugas pemimpin Kristen, yaitu:

  • The heart of Christian leadership is following Jesus (Matius 11:29a)
  • The way of Christian leadership is humility (Matius 11:29b)
  • The blessing of Christian leadership is rest (Matius 11:29c)
  • Christian leadership is nothing; without Christ

Pdt. Amos selaku Wakil Ketua II Bidang Kemahasiswaan juga memimpin prosesi pengutusan mahasiswa praktik pelayanan ke gereja-gereja dengan rincian sebagai berikut:

  • Pelayanan week end 2 bulan dapat diakses di sini
  • Pelayanan 2 bulan dapat diakses di sini
  • Pelayanan 1 tahun dapat diakses di sini

Ibadah Penutupan Semester Genap 2018-2019 juga dihadiri oleh Ketua Sinode GKT yaitu Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. yang menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa yang akan bertugas praktik untuk menjaga nama baik Tuhan, Almamater, dan diri sendiri serta belajar untuk mengaplikasikan ilmu dalam pelayanan di gereja-gereja.

penutupan semester 2018-2019