Author Archives: adi wijaya

Pada tanggal 03 Mei 2018 Program Studi Magister Teologi STT Aletheia Lawang telah mengadakan Ujian Tesis bagi mahasiswanya yang bernama Martin dengan judul tesis adalah Kritik Terhadap Konsep Kristologi Saksi Yehova Berdasarkan Konsep Kristologi Reformed Untuk Memberikan Pemahaman Orang Percaya Tentang Dua Natur Yesus.

Adapun dosen pengujinya adalah sebagi berikut:

  • Dr. Agung Gunawan, Th.M. (Ketua Penguji Tesis)
  • Amos Winarto, Ph.D. (Pembimbing Tesis)
  • Sia Kok Sin, D.Th. (Pembaca II/Penguji I)
  • Alfius Areng Mutak, Ed.D. (Penguji II)

Dan hasil dari Ujian Tesis kali ini adalah bahwa Martin dinyatakan lulus ujian dengan nilai A-

Selamat atas hasil yang telah diraihnya.

DSC_0366

STT Aletheia Lawang kembali mengadakan Becoming Christian Leader (BCL) dengan tema Challenges & Opportunities in Youth Christian Leadership. Acara BCL yang diikuti oleh 180 peserta dari berbagai gereja dan denominasi diadakan pada tanggal 01 Mei 2018 dengan pembicara Pdt. Dr. Yusuf Gunawan, Th.M. (2 sesi), dan Pdt. Gumulya Djuharto, Th.M. (Ibadah KKR). Pdt. Yusuf  banyak menjelaskan dan memberikan masukan-masukan terkait dengan tantangan dan peluang kepemimpinan pemuda Kristen di zaman now. Kegiatan ini berjalan dengan baik, dan ketika altar call ada sekitar 37 orang yang mempersembahkan diri menjadi Hamba Tuhan. Puji Tuhan.

BCL1upload

Pada tanggal 27 April 2018 Program Studi Sarjana Teologi Konsentrasi Musik STT Aletheia Lawang telah mengadakan Ceramah Musik Gereja bagi Hamba Tuhan, Pelayan Musik Gereja, dan Mahasiswa dengan pembicara Ev. Victor Abednego, B.Mus. (Bachelor of Music dari Westminster Choir College of Rider University (2013-2017) Major: Sacred Music with Voice Concentration).

Ceramah tersebut dibagi dalam 2 sesi yaitu:

  • Ceramah 1 (pkl. 08.30 - 10.15 wib) Tema: Peran dan Tanggungjawab Hamba Tuhan dalam Perkembangan Musik Gereja
  • Ceramah 2 (pkl. 10.45 - 12.15 wib) Tema: Teknik Latihan Paduan Suara

Pelayanan Ev. Victor Abednego saat ini:

  • Melayani penuh waktu dalam bidang Musik dan Ibadah di Gereja Kristen Abdiel (GKA) Zion Denpasar, Bali (2007-2013, 2017-sekarang)
  • Melatih Paduan Suara Anak Prov. Bali untuk melayani di PESPARAWI XII (Pontianak, 2018)

Tujuan diadakan ceramah ini agar para Hamba Tuhan dan pelayan musik gereja yang terlibat dalam ibadah di gereja setiap minggu bisa lebih hati-hati terhadap lirik yang keliru dalam lagu-lagu rohani zaman sekarang, karena lagu rohani yang baik adalah lagu rohani yang harmonis dan terlebih liriknya harus alkitabiah.

1

Pada tanggal 19 April 2018 Program Studi Sarjana Teologi Konsentrasi Musik STT Aletheia Lawang telah mengadakan acara Resital Musik Vokal bagi Sdri. Hilda Kartika Sari (soprano) yang adalah mahasiswi dari Ev. Yunus Sutandio, M.C.M. Resital ini adalah merupakan salah satu persyaratan kelulusan untuk Program Studi S.Th. Konsentrasi Musik Gereja.

Resital ini disaksikan oleh seluruh mahasiswa, dosen, dan tamu-tamu undangan baik dari keluarga, gereja, dan dari kalangan umum. Sebagai pengiring dari resital ini adalah Ibu Erna Sari Rahayu.

Solo resital vokal musik ini membawakan beberapa lagu-lagu hymne antara lain:

  1. Mein Gläubiges Herze - From Cantata BWV 68 (Johann Sebastian Bach)
  2. Jerusalem, Thou That Killest The Prophets - St. Paul, Op. 36 (Felix Mendelssohn Bartholdy)
  3. Batti, Batti o Bel Masetto - Don Giovanni, K527 (Wolfgang Amadeus Mozart)
  4. Alleluja - Exultate, Jubilate, K165 (Wolfgang Amadeus Mozart)
  5. Summertime - From Porgy and Bess (George Gershwin)
  6. Deep River - Traditional Spiritual Africa-America
  7. His Strength is Perfect - Steven Curtis Chapman & Jerry Salley

1

Khotbah Ibadah Chapel selasa pagi tanggal 10 April 2018 STT Aletheia Lawang dibawakan oleh Pdt. Dr. Totok S. Wiryasaputra, Th.M., Kon. Pas. dari Asosiasi Konselor Pastoral Indonesia (AKPI-Yogyakarta) dengan tema Model Pendampingan Kedukaan Tuhan Yesus. Selain memberikan khotbah beliau yang didampingi oleh Pdt. Marthen Nainupu, M.Th. juga mengadakan seminar berkaitan dengan Konseling Pastoral dengan tema Pendampingan & Konseling Keluarga di ruang Paulus yang diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi STT Aletheia Lawang. Dan melalui visitasi dan pelayanan beliau, kami sangat diberkati. Terima kasih untuk pelayanannya.

2

Rangkaian Ibadah Paskah STT Aletheia Lawang dimulai tanggal 26 Maret 2018 dan puncaknya pada ibadah Perjamuan Kudus Jum’at Agung tangal 29 Maret 2018 sore di Auditorium Sola Gratia.

Ibadah Taize I, II, dan Tenebrae dilaksanakan di ruang Getsemani (chapel) setiap jam 19.00 wib-selesai dan pada hari kamis tanggal 29 Maret 2018 diadakan puasa serta diakhiri dengan ibadah Perjamuan Kudus di Auditorium Sola Gratia yang dipimpin oleh Ev. Ali Salim, pengkhotbah dan pemimpin Perjamuan Kudus oleh Pdt. Alfius areng Mutak, Ed.D., dan pelayan Perjamuan Kudus oleh Majelis GKT Betlehem Lawang.

Seluruh rangkaian Ibadah Paskah yang bertema A Compassionate People (Umat yang Berbelas Kasih) Kolose 3:12  ini diikuti oleh Dosen, Mahasiswa, dan Staf STT Aletheia Lawang.

3

Pada tanggal 8 Maret 2018 bertempat di chapel malam BEM STT Aletheia Lawang melalui Sie Kesenian mengadakan acara Aletheia Arts Award (3A) yang diikuti oleh seluruh mahasiswa. Bertindak sebagai juri adalah Pak Yunus, Pak Yakub, Pak Adi Margono, dan Pak Ali Salim. Lomba yang dipertandingkan adalah Stand Up Comedy, Battle Pantun, dan Musik Tubuh.

Kegiatan bertujuan untuk mengembangkan bakat dan talenta mahasiswa selain sebagai media yang sangat bermanfaat dalam mengakrabkan di antara mahasiswa. Dan menurut rencana kegiatan ini akan diadakan setiap tahun.

1

 

Sesuai dengan hasil rapat pleno dan pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2018-2019 yang telah diadakan pada tanggal 09 Maret 2018 (lihat di sini), maka pada tanggal 20 Maret 2018 bersamaan dengan ibadah chapel selasa diadakan pelantikan BEM periode 2018-2019 beserta Sie-sie dan PokJa-pokja-nya lengkap. Kegiatan pelantikan BEM ini dipimpin oleh Pdt. Amos Winarto Oei, Ph.D. (Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan). Adapun daftar lengkap BEM STT Aletheia Lawang periode 2018-2019 adalah sebagai berikut:

  • Ketua: William Sinatra
  • Wakil: Rinto
  • Sekretaris: Yunica Fitri Ani
  • Bendahara 1: Ganda Pattun Doloksaribu
  • Bendahara 2: Yurningsih Zebua
  • Sie Rohani: Dicky Chandra & Friska Br Bukit
  • PokJa: Yosep Yonatha & Meri
  • Sie Humas: Christian Nugroho & Hilda Kartika Sari
    • PokJa: Robertho Sandersen Leonardy & Nathania Lyanti Handoyo
  • Sie Dekorasi: Timotius Reynaldi & Merlin Maisal
    • PokJa: Joshua Effendy & Debora Sinaga
  • Sie Kesenian: Hilkia Enggal Prenada & Theodorosalia Wijaya
    • PokJa: Frengky Semuel Mbura & Cynthia Shaniaviera Tanaya
  • Sie PU: Elwind Septyono & Nanik Tri Rahayu
    • PokJa: Sudarsono & Monica Fransisca
  • Sie Olahraga: Andi Shalom Biha & Ezra Jitro Sia Nomseo
    • PokJa: Jackson Manuhutu & Sionarita Hana Lithia
  • Sie Kesehatan: Jerry Kurniawan & Indra Sandrawati Balang
    • PokJa: Fendi & Hana Agustina Hibu

Ibadah chapel selasa kali ini yang bertugas sebagai liturgos adalah Sdri. Amelia Putri Mustanu dan yang bertugas menyampaikan renungan adalah Ev. Libertha Masrikat yang juga sedang menempuh studi magister di STT Aletheia Lawang. Ev. Libertha kali ini mengangkat tema yang diambil dari Yakobus 3:1-12 dan menggarisbawahi bahwa sebagai gembala haruslah bijaksana dalam menggunakan perkataan lidah. Juga ada persembahan pujian dari Paduan Suara STT Aletheia Lawang dengan judul lagu Three Vacancies (Cradle, Cross, and Grave) karya Michael Cox yang dapat dilihat di sini

Pelantikan BEM 2018-2019upload

 

Pada tanggal 12-16 Maret 2018 STT Aletheia Lawang menghadiri Lokakarya Nasional (LokNas) Sistim Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PERSETIA di STT Cipanas Cianjur Jawa Barat. Tujuan dari LokNas SPMI ini adalah untuk mewujudkan terselenggaranya sistim penjaminan mutu internal perguruan tinggi dari sekolah-sekolah Anggota PERSETIA.

Dalam LokNas yang dihadiri oleh wakil dari Kementerian Ristek dan Dikti, dan peserta yang berjumlah 80-100 orang berasal dari sekolah-sekolah anggota PERSETIA dan sekolah-sekolah calon anggota, wakil dari STT Aletheia Lawang yaitu Pdt. Alfius Areng Mutak, Ed.D. bersama dengan 3 STT lain yaitu F.Th. UKIM, F.Th. UKDW, dan STT I-3 Batu memberikan Presentasi Panel Tukar Pengalaman Sekolah Anggota PERSETIA.

Harapan dari kegiatan LokNas ini adalah:

  1. Pertama, sekolah-sekolah anggota PERSETIA mendapatkan pemahaman dan penyadaran tentang pentingnya melakukan implementasi dari sistim penjaminan mutu internal perguruan tinggi sebagai bagian dari upaya mewujudkan visi dan misi dan untuk memenuhi harapan dan kebutuan dari pemangku kepentingan dan pengguna lulusan dari masing-masing perguruan tinggi sekolah anggota PERSETIA.
  2. Kedua, sekolah-sekolah anggota PERSETIA merancang disain sistim penjaminan mutu internal perguruan tinggi dengan pencapaian minimal 90% dari seluruh peserta yang mewakili sekolah anggota menyelesaikan disain SPMI bagi perguruan tingginya.

Dan LokNas kali ini menghasilkan:

  1. Template untuk 4 buku Penjaminan Mutu Internal melalui diskusi kelompok
  2. Menemukan format buku Penjaminan Mutu yang terdiri dari kebijakan, standar, manual, dan formulir-formulir.

6d4f0ec1-5906-4b1f-9b07-3b576ff7eaf3

 

 

Pada tanggal 02 Maret 2018 mahasiswa STT Aletheia Lawang mendapatkan beberapa pelatihan cara Budi Daya Sayur: Memanfaatkan halaman rumah yang sempit dan memakai barang bekas (Pembicara: Bpk. Tenovianto), Menanam Sayur Organik, Pembuatan Kompos (Pembicara: Ir. Wishnu  Imanuel), dan Pak Alex Gunarso juga memberikan motivasi terkait budi daya sayur. Ketiga pembicara di atas tergabung dalam PIT (PELITA INSAN TAHANA yang berarti Penerang/petunjuk arah manusia bermartabat) yang diketuai oleh Bpk. Handoyo.

PELITA INSAN TAHANA adalah sebuah kelompok pelayanan dan pemberdayaan Kristen Interdenominasi Gereja di bidang pendidikan (formal, informal) dan kesehatan. Bpk. Handoyo dalam penjelasannya menyebutkan bahwa visi dan misi PIT yaitu,

  • Memenangkan jiwa baru, sesuai Amanat Agung Tuhan Yesus, melalui budidaya sayur.
  • Merawat jiwa lama, melalui budi daya sayur. Diharapkan, dengan membaiknya ekonomi jemaat lokal, maka iman mereka tidak mudah menyeberang.
  • Memperbaiki Generasi Muda lewat upgrade guru, khususnya guru bahasa inggris, Matematika dan Fisika.

Tujuan dari pelatihan ini diharapkan bahwa mahasiswa STT Aletheia dapat memanfaatkan cara-cara budi daya lahan di tempat yang sempit dengan maksimal yang nantinya dapat digunakan untuk proses penginjilan dan pelayanan jemaat.

Video Pelatihan Pertanian Budi Daya Sayur dapat diakses di sini

1