Author Archives: adi wijaya

Sebagai antisipasi terjadinya bencana kebakaran di sekitar kampus STT Aletheia Lawang, maka Bpk. Ev. Yunus Sutandio, M.C.M. memberikan pelatihan dasar tentang proses evakuasi bila terjadi kebakaran, dan sekaligus mempraktekkan teknik-teknik evakuasi diri di dalam ruangan baik itu Asrama Putra, Asrama Putri, Perkantoran, dan Perpustakaan.

Pelatihan dimaksudkan agar semua yang berada di kampus baik itu Dosen, Staf, Security, dan Mahasiswa tidak panik jika terjadi bencana kebakaran. Juga diajarkan teknik untuk mengoperasikan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk mengatasi kebakaran dalam skala kecil.

2

Pada tanggal 12 Desember 2017 STT Aletheia Lawang telah mengadakan Ibadah Penutupan Semester Gasal 2017/2018 sekaligus Perayakan Natal bersama Keluarga Besar STT Aletheia Lawang di Auditorium Sola Gratia.

Ibadah Penutupan Semester dipimpin oleh Bpk. Adi Margono, B.C.M. sebagai liturgos, Ibu Pdt. Mariani Febriana, Th.M. sebagai pembawa Firman Tuhan, dan tim musik dipimpin oleh Bpk. Ev. Yunus Sutandio, M.C.M. Juga ada persembahan pujian dari paduan suara STT Aletheia Lawang dengan konduktor oleh Bpk. Ev. Yunus Sutandio, M.C.M.

Ibadah Penutupan Semester Gasal 2017/2018 sekaligus Perayakan Natal bersama Keluarga Besar STT Aletheia Lawang dihadiri oleh seluruh civitas academica STT Aletheia dan turut hadir Bpk. Pdt. Kornelius A. Setiawan, D.Th. selaku Ketua Sinode Gereja Kristus Tuhan yang juga memberikan sambutannya di acara tersebut.

Ibadah Penutupan Semester Gasal 2017/2018 sekaligus Perayakan Natal bersama Keluarga Besar STT Aletheia Lawang diakhiri dengan makan bersama di ruang Bethlehem dan juga pembagian doorprice Natal.

Melalui ini kami atas nama Keluarga Besar STT Aletheia Lawang mengucapkan Selamat Natal 2017 dan Menyambut Tahun Baru 2018.

DSC_0110

 

Pada tanggal 11 Desember 2017 STT Aletheia Lawang mengadakan ceramah dengan tema “Peran Pendidikan Teologi dalam Membangun Karakter dan Wawasan Kebangsaan” dan pembicara Dr. Pontus Sitorus, S. PAK, M.Si (Direktur Pendidikan Kristen Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama).

Dalam ceramah yang dihadiri oleh seluruh Senat Dosen dan Staff Aletheia, beliau mengungkapkan karakter kristiani dalam kehidupan berkebangsaan terutama menyikapi berita-berita di dunia global terhadap perkembangan kekristenan di Indonesia.

Di akhir acara, beliau membuka acara tanya jawab dan berharap ada masukan-masukan yang berguna dalam tugas beliau sebagai Dirjen Bimas Kristen Pusat agar dapat bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Teologi di Indonesia termasuk kesulitan-kesulitan yang selama ini terjadi di dalam proses perijinan atau pun berkaitan dengan JaFung, SerDos, BKD, dan lain-lain.

Beliau dalam kesempatan itu juga memberikan ceramah kepada mahasiswa Aletheia dengan tema “Kesempatan dan Tantangan Mahasiswa Teologi dalam Merajut Kesatuan Bangsa di Tengah Maraknya Budaya Kekerasan dan Intoleransi Atas Dasar Agama”.

2upload

 

Sebagai salah satu pengabdian terhadap masyarakat, maka pada tanggal 07 Desember 2017 Senat Mahasiswa STT Aletheia Lawang melalui sie Humas dengan didampingi oleh Bpk. Asrama yaitu Bpk. Pdt. Em. Teguh Isworo, B.Th. mengunjungi dan menyampaikan tali asih kepada Panti Wreda Kevin di Jl. Ridwan no. 12 Batu. Kunjungan ke panti wreda ini dikoordinatori oleh sdr. Joni Pinarto. Melalui kegiatan ini diharapkan timbul rasa empati dan mencontoh teladan lansia-lansia yang tetap setia mengiring Tuhan  di usia senja mereka.

1

Pada tanggal 07 Desember 2017 Program Studi Magister Teologi STT Aletheia Lawang mengadakan Ujian Proposal Tesis. Jadwal, Peserta, dan Dosen Penguji dapat diakses di sini

Dan hasil dari Ujian Proposal Tesis tersebut, peserta dinyatakan LULUS walaupun ada beberapa yang harus sedikit mengubah judul tesis mereka.

1

Pada tanggal 21-25 November 2017 STT Aletheia Lawang mengutus dua orang mahasiswanya yaitu Sdr. Andi Shalom biha dan Sdr. Dicky Chandra untuk mengikuti Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi Indonesia (KNMTI) 2017 yang diselenggarakan oleh PERSETIA dan bertempat di Kampus STT Nazarene Indonesia, Yogyakarta. Tema Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi Indonesia tahun 2017 kali ini adalah Narkoba dan Dunia Malam Sebagai Sebuah Fenomena.

Dalam kerangka acuan yang diberikan bahwa mahasiswa teologi di Indonesia diajak untuk bersama-sama menyadari dan menggumuli berbagai persoalan yang ada di dalam bangsa dan negara kita Indonesia, salah satunya adalah persoalan yang terkait penyalahgunaan narkoba dan gaya kehidupan dunia malam. Melalui tema Narkoba Dan Dunia Malam Sebagai Sebuah Fenomena, mahasiswa teologi di Indonesia juga diajak untuk menunjukan dan mengungkapkan rasa cintanya kepada bangsa dan negara dengan melahirkan pemikiran-pemikiran yang dapat diwujudnyatakan di dalam kehidupan mereka dalam berteologi di Indonesia.

Isu-isu terkait dalam KNMTI 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Hukum dan Undang-undang yang berlaku di dalam menghadapi maraknya penyalahgunaan narkoba di Indonesia saat ini. Apakah sudah dijalankan dan dilaksanakan dengan baik?
  2. Kehidupan Dunia Malam, sebatas gaya hidup atau bertentangan dengan norma-norma kehidupan?
  3. Apa dan bagaimana pemahaman agama Kristen terkait persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsa dan negara Indonesia saat ini, khususnya yang terkait dengan tema?
  4. Apa dan bagaimana sumbangan dan peranan agama-agama dan kepercayaan/budaya dalam mewujudkan Indonesia bebas Narkoba, Indonesia yang peduli, Indonesia yang sejahtera, Indonesia yang merdeka?

Konsultasi Mahasiswa ini dilaksanakan dengan tujuan agar peserta:

  1. Mendalami secara bersama arti dan makna rasa cinta kita terhadap bangsa dan negara kita Indonesia.
  2. Memiliki pengetahuan dan pengalaman bersama dalam mengidentifikasi berbagai persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia (khususnya terkait dengan penyalahgunaan narkoba dan gaya hidup dunia malam) guna mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia yang seutuhnya.
  3. Mengembangkan pengetahuan teologis dalam memahami peran diri sebagai seorang teolog-teolog muda Indonesia dalam mememberikan sumbangan yang berarti dalam pengembangan pemahaman terkait tema.
  4. Merumuskan bersama kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan secara bersama di wilayah masing-masing sebagai upaya berteologi kontekstual di Indonesia khususnya dalam emmerangi Narkoba, untuk Indonesia yang bebas narkoba.

Melalui keikutsertaan mahasiswa STT Aletheia dalam kegiatan KNMTI 2017 tersebut menambah wawasan dan kerjasama antara mahasiswa sekolah-sekolah Teologi di Indonesia terutama untuk melawan narkoba di Indonesia.

1

 

Pada tanggal 21 November 2017 Keluarga Besar STT Aletheia Lawang mengadakan rekreasi bersama ke Kafe Sawah Pujon Kidul Batu. Mahasiswa baik itu yang sedang menempuh studi S-1 maupun S-2, Dosen dan keluarga, Staf, Karyawan, dan Security beserta keluarga turut memeriahkan acara tersebut.

Keberangkatan dari STT Aletheia Lawang pukul 07.30 wib dengan tujuan ke Gereja Kristus Tuhan Batu untuk mengadakan acara persekutuan dengan renungan yang dibawakan oleh Pdt. Amos Winarto Oei, Ph.D. dan disambung dengan acara permainan yang diikuti oleh semua peserta rekreasi.

Kemudian kurang lebih jam 11.00 wib rombongan berangkat ke Kafe Sawah untuk makan siang dan free time hingga jam 14.00 wib. Puji Tuhan karena cuaca yang sehari-hari biasanya hujan, hari itu tidak terjadi sehingga peserta rekreasi sangat bersukacita mengikuti rekreasi kali ini.

Rekreasi ini bertujuan untuk mengakrabkan satu sama lain di antara civitas academica yang tidak setiap hari bisa bertemu dalam suasana yang santai dan melalui rekreasi ini diharapkan utnuk semakin menambah kesatuan dalam melayani Tuhan di STT Aletheia Lawang.

DSC_0091upload

Bekerjasama dengan PMI Kabupaten Malang, Senat Mahasiswa STT Aletheia lawang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa donor darah. Kegiatan ini rutin diadakan minimal sekali dalam tiap semester. Dan kali ini kegiatan yang diikuti oleh Dosen, Staf, Karyawan, dan Mahasiswa diadakan pada tanggal 03 November 2017 pkl. 09.00 wib di Asrama Putra STT Aletheia Lawang.

4

Tepat 500 tahun yang lalu yaitu tanggal 31 Oktober 1517, Martin Luther memakukan 95 dalil di pintu Gereja All Saints' Church Wittenberg Jerman. Reformasi Protestan lahir sebagai sebuah upaya untuk mereformasi Gereja Katolik, diprakarsai oleh umat Katolik Eropa Barat yang menentang hal-hal yang menurut anggapan mereka adalah doktrin-doktrin palsu dan malpraktik gerejawi — khususnya ajaran dan penjualan indulgensi, serta simoni, jual-beli jabatan rohaniwan — yang menurut para reformator merupakan bukti kerusakan sistemik hierarki Gereja, termasuk Sri Paus.

Masih dalam suasana peringatan hari Reformasi, STT Aletheia Lawang pada tanggal 31 Oktober 2017 juga mengadakan acara sederhana untuk memperingati hari tersebut. Dan sesuai dengan himbauan dari Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) tentang ajakan perayakan 500 tahun reformasi, maka STT Aletheia mengadakan ibadah khusus reformasi yang dipimpin oleh Sdri. Natalia Alimbuto sebagai liturgos dan Ibu Pdt. Mariani Febriana, Th.M. sebagai pelayan Firman Tuhan yang mengambil tema Gembala dalam Kerahiman Ilahi (Efeseus 4:31; Ibrani 12:15). Beliau menggarisbawahi bahwa Reformasi adalah sebuah kesempatan untuk   membaharui fokus kita pada keselamatan melalui anugerah di dalam Yesus Kristus. Kita bersukacita atas keselamatan Allah yang berpusat pada salib Kristus, yang mengatasi perpecahan dan mempersatukan kita semua. Perpecahan tersebut muncul dari akibat kita masih memiliki “batu-batu” miskin kasih, kebencian dan dendam, tuduhan palsu, diskriminasi, penganiayaan, persekutuan yang rusak, intoleransi, perang agama, perpecahan, penyalahgunaan kekuasaan, isolasi, kesombongan.

Akhirnya Keluarga Besar STT Aletheia Lawang mengucapkan Selamat Memperingati Hari Reformasi yang ke-500, Tuhan Yesus memberkati kita. Soli Deo Gloria.

1

Sie Olahraga Senat Mahasiswa STT Aletheia Lawang kembali mengadakan kegiatan Aletheia Cup yang diikuti oleh seluruh mahasiswa. Kegiatan berlangsung setiap hari Jumat jam 15.00 wib dan dimulai dengan pemotongan pita pembukaan oleh Pdt. Marthen Nainupu, M.Th. dengan disaksikan oleh Pdt. Em. Teguh Isworo sebagai bapak asrama.

Aletheia Cup dimulai tanggal 27 Oktober 2017 dengan lomba-lomba antar tingkat sebagai berikut:

  1. Bola Basket
  2. Bola Voli
  3. Bulu Tangkis
  4. Soccer Table
  5. Bola Pingpong

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dan mahasiswi STT Aletheia dapat bertumbuh tidak hanya secara rohani tetapi juga secara fisik agar supaya kuat jasmani dan kuat rohaninya. Selamat berlomba.

1