Author Archives: adi wijaya

Pada tanggal 21 November 2017 Keluarga Besar STT Aletheia Lawang mengadakan rekreasi bersama ke Kafe Sawah Pujon Kidul Batu. Mahasiswa baik itu yang sedang menempuh studi S-1 maupun S-2, Dosen dan keluarga, Staf, Karyawan, dan Security beserta keluarga turut memeriahkan acara tersebut.

Keberangkatan dari STT Aletheia Lawang pukul 07.30 wib dengan tujuan ke Gereja Kristus Tuhan Batu untuk mengadakan acara persekutuan dengan renungan yang dibawakan oleh Pdt. Amos Winarto Oei, Ph.D. dan disambung dengan acara permainan yang diikuti oleh semua peserta rekreasi.

Kemudian kurang lebih jam 11.00 wib rombongan berangkat ke Kafe Sawah untuk makan siang dan free time hingga jam 14.00 wib. Puji Tuhan karena cuaca yang sehari-hari biasanya hujan, hari itu tidak terjadi sehingga peserta rekreasi sangat bersukacita mengikuti rekreasi kali ini.

Rekreasi ini bertujuan untuk mengakrabkan satu sama lain di antara civitas academica yang tidak setiap hari bisa bertemu dalam suasana yang santai dan melalui rekreasi ini diharapkan utnuk semakin menambah kesatuan dalam melayani Tuhan di STT Aletheia Lawang.

DSC_0091upload

Bekerjasama dengan PMI Kabupaten Malang, Senat Mahasiswa STT Aletheia lawang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa donor darah. Kegiatan ini rutin diadakan minimal sekali dalam tiap semester. Dan kali ini kegiatan yang diikuti oleh Dosen, Staf, Karyawan, dan Mahasiswa diadakan pada tanggal 03 November 2017 pkl. 09.00 wib di Asrama Putra STT Aletheia Lawang.

4

Tepat 500 tahun yang lalu yaitu tanggal 31 Oktober 1517, Martin Luther memakukan 95 dalil di pintu Gereja All Saints' Church Wittenberg Jerman. Reformasi Protestan lahir sebagai sebuah upaya untuk mereformasi Gereja Katolik, diprakarsai oleh umat Katolik Eropa Barat yang menentang hal-hal yang menurut anggapan mereka adalah doktrin-doktrin palsu dan malpraktik gerejawi — khususnya ajaran dan penjualan indulgensi, serta simoni, jual-beli jabatan rohaniwan — yang menurut para reformator merupakan bukti kerusakan sistemik hierarki Gereja, termasuk Sri Paus.

Masih dalam suasana peringatan hari Reformasi, STT Aletheia Lawang pada tanggal 31 Oktober 2017 juga mengadakan acara sederhana untuk memperingati hari tersebut. Dan sesuai dengan himbauan dari Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) tentang ajakan perayakan 500 tahun reformasi, maka STT Aletheia mengadakan ibadah khusus reformasi yang dipimpin oleh Sdri. Natalia Alimbuto sebagai liturgos dan Ibu Pdt. Mariani Febriana, Th.M. sebagai pelayan Firman Tuhan yang mengambil tema Gembala dalam Kerahiman Ilahi (Efeseus 4:31; Ibrani 12:15). Beliau menggarisbawahi bahwa Reformasi adalah sebuah kesempatan untuk   membaharui fokus kita pada keselamatan melalui anugerah di dalam Yesus Kristus. Kita bersukacita atas keselamatan Allah yang berpusat pada salib Kristus, yang mengatasi perpecahan dan mempersatukan kita semua. Perpecahan tersebut muncul dari akibat kita masih memiliki “batu-batu” miskin kasih, kebencian dan dendam, tuduhan palsu, diskriminasi, penganiayaan, persekutuan yang rusak, intoleransi, perang agama, perpecahan, penyalahgunaan kekuasaan, isolasi, kesombongan.

Akhirnya Keluarga Besar STT Aletheia Lawang mengucapkan Selamat Memperingati Hari Reformasi yang ke-500, Tuhan Yesus memberkati kita. Soli Deo Gloria.

1

Sie Olahraga Senat Mahasiswa STT Aletheia Lawang kembali mengadakan kegiatan Aletheia Cup yang diikuti oleh seluruh mahasiswa. Kegiatan berlangsung setiap hari Jumat jam 15.00 wib dan dimulai dengan pemotongan pita pembukaan oleh Pdt. Marthen Nainupu, M.Th. dengan disaksikan oleh Pdt. Em. Teguh Isworo sebagai bapak asrama.

Aletheia Cup dimulai tanggal 27 Oktober 2017 dengan lomba-lomba antar tingkat sebagai berikut:

  1. Bola Basket
  2. Bola Voli
  3. Bulu Tangkis
  4. Soccer Table
  5. Bola Pingpong

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dan mahasiswi STT Aletheia dapat bertumbuh tidak hanya secara rohani tetapi juga secara fisik agar supaya kuat jasmani dan kuat rohaninya. Selamat berlomba.

1

Pada hari Kamis malam tanggal 11 Oktober 2017 STT Aletheia Lawang mengadakan Seminar tentang Signifikasi Reformasi bagi Studi dan Praktek Teologi di Indonesia dengan pembicara adalah Bpk. Pdt. Dr. (Theol.) Asigor P. Sitanggang (STT Jakarta). Berawal dari Martin Luther yang menempelkan 95 dalil reformasi gereja di kota Wittenberg Jerman tahun 1517, gerakan reformasi mengubah peradaban Eropa. Gagasan-gagasan Reformasi adalah panggilan kepada pemurnian Gereja dan keyakinan bahwa Alkitab, bukan tradisi, haruslah menjadi sumber satu-satunya otoritas spiritual. Beliau menggarisbawahi bahwa reformasi bukan sekedar perubahan historis gereja saja tetapi juga historis peradaban Eropa yang berdampak pada tata cara ibadah, kebijakan gereja, dan gaya hidup jemaat.

Pdt. Asigor juga membahas 5 tipologi Richard Niebuhr dalam kaitan relasi gereja dan budaya, yaitu:

  1. Christ above culture,
  2. Christ under culture,
  3. Christ against Culture,
  4. Christ and culture in paradox, and
  5. Christ transforms culture

Seminar diadakan di ruang chapel malam dan diikuti oleh seluruh mahasiswa STT Aletheia Lawang yang dengan sangat antusias tinggi mengikuti jalannya seminar termasuk saat sesi tanya jawab. Dan semua pertanyaan dadapt dijawab oleh Bpk. Pdt. Asigor dan Bpk. Brury Eko Saputra yang juga turut hadir dalam acara tersebut sebagai pendamping pembicara.

Seminar tentang Signifikasi Reformasi bagi Studi dan Praktek Teologi di Indonesia

Pada tanggal 06 Oktober 2017 STT Aletheia Lawang mengadakan Pelatihan dan Pendampingan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yang diadakan di ruang seminar C dan diikuti oleh seluruh staf Aletheia serta dihadiri oleh Bpk. Pdt. Em. Teguh Isworo (Bapak Asrama Aletheia). Sebagai pembicara adalah Pdt. Marthen Nainupu, M.Th.

Dalam penjelasannya, beliau menggarisbawahi bahwa setiap orang/staf mempunyai dikotomi indikator baik kelebihan maupun kelemahan. Melalui Pelatihan dan Pendampingan MBTI ini diharapkan para staf Aletheia akan tahu masing-masing tipe kepribadian rekannya dan siap untuk membantu ketika rekan tersebut sedang dalam kondisi drop/lemah/ada masalah.

Dan sebagai penutup acara dan ucapan terima kasih adalah penyerahan sertifikat bagi pembicara oleh Bpk. Pdt. Em. Teguh Isworo kepada Bpk. Pdt. Marthen Nainupu, M.Th.

1

 

Pada tanggal 29 September 2017 Prodi Sarjana Teologi STT Aletheia Lawang mengadakan Ujian Proposal Skripsi yang diikuti oleh sembilan mahasiswa dan pengujinya oleh enam dosen STT Aletheia Lawang.

Dalam Ujian Proposal tersebut juga hadir Bpk dan Ibu Asrama yaitu Bpk. dan Ibu Teguh Isworo dan beberapa mahasiswa tingkat II untuk memberi semangat bagi kakak-kakak tingkatnya yang sedang mengikuti ujian proposal skripsi tersebut.

Peserta dan dosen penguji proposal skripsi dapat diakses di sini

1upload

Pada tanggal 21 September 2017 Senat mahasiswa STT Aletheia Lawang mendapatkan undangan pelayanan sport ministry dengan komisi Remaja Pemuda GKT Sinai Batu dan GKT Efrata Genteng dengan acara antara lain: Persekutuan bersama, olahraga bersama (futsal), dan rekreasi bersama. Kali ini tim dari Senat mahasiswa STT Aletheia lawang diwakili oleh 15 mahasiswa putra yang dipimpin oleh Bpk. Pdt. Em. Teguh Isworo dan Bpk. Ev. Yunus Sutandio. Dan sebagai PIC dari STT Aletheia Lawang adalah sdr. Andy S. Biha dan sdr. Johanes Dody.

Acara yang dipusatkan di GKT Sinai Batu berjalan dengan baik dan menghasilkan persekutuan yang lebih erat antara komisi remaja pemuda gereja dan mahasiswa STT Aletheia Lawang.

pelayanan sport ministry

Pada tanggal 21 September 2017 Senat Mahasiswa STT Aletheia Lawang mengadakan Bakti Sosial di Panti Jompo Griya Asih Jl. Ngamarto Selatan No.628, Lawang, Malang, Jawa Timur 65216 dengan koordinator acara adalah sdr. Christian Nugroho dan sdri. Yesyca Cendrawati. Selain memberikan bingkisan untuk para lansia, Senat mahasiswa juga mengadakan persekutuan yang di dalamnya ada puji-pujian, Firman Tuhan, persembahan vokal grup, dan juga solo vokal yang dilayani oleh sdri. Amelia Mustanu dan diiringi gitar oleh sdr. Aldoi.

Melalui pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat  ini diharapkan timbul rasa simpati dan empati kepada sesama terutama kepada para lansia dan belajar bagaimana beliau-beliau tetap setia di masa tua mereka. Tuhan Yesus memberkati.

Bakti Sosial di Panti Jompo Griya Asih

Pada tanggal 18 September 2017 STT Aletheia Lawang telah mengadakan seminar sehari Answer in Genesis Conference 2017 dengan tema Find the Answers of the Sceptical Questions of This Age dengan pembicara:

  1.  The Flood, The Ark, and the Age of the Earth oleh Dr. Andrew Snelling (AiG Director of Research, Geologist, Author, Editor in chief of Answer Research Journal) download
  2. Relevansi Kitab Kejadian dan Injil oleh David Cakranarayan download

Acara seminar dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta dari gereja dan lembaga Kristen, Dosen, dan seluruh mahasiswa STT Aletheia Lawang. Di akhir sesi juga diadakan sesi tanya jawab seputar Kitab Kejadian khususnya tentang pencipataan. Melalui seminar ini peserta diharapkan lebih memahami bahwa asumsi ilmuwan/sains tidak dapat dijadikan pegangan mutlak baik itu terhadap umur bumi, penemuan arkeologi, maupun terhadap perdebatan soal air bah selama ini. Dan lebih menitikberatkan pada pemahaman Alkitab dalam Kitab Kejadian yang telah terbukti sebagai Firman Tuhan yang benar. Sola Scriptura.Soli Deo Gloria.

upload